Pentingnya Tingkatkan Infrastruktur Broadband

VIVAnews - Pada laporan Cisco Visual Networking Index (VNI) terakhir, diperkirakan bahwa pada tahun 2013 mendatang, jumlah lalu lintas IP global per tahun akan melonjak 5 kali lipat. Di tahun itu lalu lintas IP akan mencapai dua pertiga zettabyte atau 667 exabyte per tahun. Satu zettabyte sendiri sama dengan satu triliun gigabyte.

Pada laporan tersebut disebutkan pula meningkatkan infrastruktur internet dan broadband di tanah air merupakan hal yang penting bagi masa depan Indonesia. Pasalnya, saat ini lalu lintas IP terus tumbuh seiring dengan hadirnya cara-cara baru dalam penggunaan, misalnya media interaktif, konten video, dari dan antar berbagai perangkat.

Dengan teknologi yang dimiliki, Cisco, sebagai perusahaan yang berpengalaman dalam infrastruktur jaringan telekomunikasi siap mendukung Indonesia.

“Ada 3 strategi yang akan dilakukan oleh Cisco Indonesia dalam waktu dekat,” kata Sanjay Rohatgi, Managing Director Cisco Indonesia, saat memperkenalkan Cisco Indonesia 3.0 di Jakarta, 1 September 2009. “Bagaimana membantu Indonesia lebih terhubung, meningkatkan produktivitas pemerintah dan kalangan industri, serta membuat usaha kecil menengah lebih kompetitif,” ucapnya.

Berbeda dengan sebelumnya, Sanjay menyebutkan, kini pendekatan yang Cisco gunakan disesuaikan dengan kondisi saat ini di mana infrastruktur mengarah ke mobile internet.

“Kami akan menyesuaikan diri dengan kebutuhan pelanggan kami baik dari kalangan UKM, pemerintahan, industri telekomunikasi, manufaktur, migas, dan lain-lain,” kata Sanjay. “Meski begitu, tantangan terbesar yang kami hadapi adalah edukasi. Bagaimana membuat pasar mengerti dan siap menghadapi tantangan yang akan datang,” ucapnya.
Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat
Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024