Kota Mekkah

Layanan Jamaah Berbasis Internet

VIVAnews -- Terletak sekitar 600 kilometer sebelah selatan kota Madinah, kurang lebih 200 kilometer sebelah timur laut kota Jeddah, di situlah kota Mekkah. Berada di lembah sempit dikelilingi gunung dengan bangunan Ka'bah sebagai pusatnya. Panjang lembah ini dari barat ke timur sekitar tiga kilometer dan dari utara ke selatan sekitar 1,5 kilometer.

Mekkah disebut juga Tanah Haram, dengan batas wilayah yaitu Arah Utara Masjidil Haram 7 kilometer, arah selatan 3 kilometer dan ara barat 25 kilometer. Seperti pada umumnya kota-kota di wilayah Arab Saudi, Makkah beriklim gurun. Pada bulan Juli-Agustus suhu di kota ini mencapai 54°C dan pada Desember-Januari 10°C.

Awalnya, kota ini bernama Baka atau Bakkah. Ini tercantum dalam Ali Imran 96, Al Quran. Baka mempunyai dua arti yaitu berderai air mata dan pohon balsam. Maknya ini dikaitkan dengan gersangnya daerah itu seakan-akan tidak memberikan harapan, dan arti yang kedua berhubungan dengan banyaknya pohon balsam (genus commiphora)  yang tumbuh di sana.

Lama ke lamaan penyebutan Baka menjadi Makkah, ini terjadi lantaran huruf mim dan ba sama-sama huruf bilabial (bibir),  sehingga penyebutan yang lebih nyaman adalah Makkah.  Perkembangan kota Mekkah tidak terlepas dari keberadaan Nabi Ismail sebagai penduduk pertama kota ini. Pada perkembangannya muncul orang-orang Jurhum yang akhirnya tinggal di sana.

Ketika Nabi Ibrahim a.s. dan putera beliau Nabi Ismail a.s. mendirikan Rumah Allah (sekarang Ka’bah),  Nabi Ibrahim a.s. berdoa, "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini aman sentosa, dan anugerahkanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari akhirat." (Surat Al-Baqarah 126).

Allah mengabulkan doa Nabi Ibrahim a.s. Itulah sebabnya,  meskipun gersang tanah Mekah dapat memproduksi buah-buahan. Bahkan  air pun kini berlimpah di Mekah.

Di samping sumber telaga Zamzam yang tidak pernah kering, pemerintah Arab Saudi menggunakan teknologi modern dalam menyediakan air bersih dari hasil penyulingan (destilasi) air laut yang disebut flash distillation. Di Jeddah pabrik penyulingan air laut memproduksi 50 juta liter air bersih per hari.

Pemimpin yang terkenal di Makkah berikutnya adalah dari suku Quraisy yang merupakan kabilah atau suku yang utama di Jazirah Arab karena memiliki hak pemeliharaan terhadap Ka'bah. Suku ini terkenal dalam bidang perdagangan. Di masa itu saja, mereka sudah berbisnis hingga ke Damaskus, Palestina dan Afrika.

Tokoh sebagai kepala kabilah quraisy adalah Qussai yang dilanjutkan oleh Abdul Muthalib. Nabi Muhammad adalah keturunan langsung dari Nabi Ismail serta Qussai.

Di Mekkah inilah lahir Nabi Muhammab pada 12 Robiul Awwal tahun Gajah bertepatan 20 April 570 M. Di sini pula lahirnya Agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammah. Pertama kali menerima wahyu dari Allah, namun ajarannya ditolak kaumnya yang saat itu masih berada dalam kegelapan pemikiran (Jahilliyah). Karena itu, Nabi Muhammad pindah ke Madinah. Setelah Madinah berkembang, nabi kembali ke Mekkah.

Pada masa selanjutnya Mekkah berada di bawah administrasi khalifah yang berpusat di Madinah, serta para raja yang saat itu berkuasa di Damaskus (Dinasti Ummayyah), Baghadad (Dinasti Abbasiyah) dan Turki (Usmaniyah) yang ketika itu di bawah Syarif Hussein. Kemudian disatukan di bawah pemerintahan Arab Saudi oleh Abdul Aziz ibnu Saud (1902-1953).

Raja Arab yang paling mutakhir adalah Raja Abdullah yang memerintah sejak 2005. Adapun Makkah layaknya sebuah provinsi yang dipimpin seorang gubernur bernama Pangeran Khaled Al Faisal. Adapun Kota Makkah ada Walikotanya yaitu Osama Al-Bar. Kini mereka sedang merancang Makkah menjadi kota berbasis teknologi.

Alasannya, jemaah yang menunaikan ibadah di Makkah semakin cerdas. Jemaah membutuhkan akomodasi, makanan, jaringan komunikasi, serta transportasi yang memadai. Kota ini terbuka dengan layanan internet yang setiap jemaah bisa mengaksesnya.

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya tentang Sandra Dewi yang kena hujat netizen karena suaminya jadi tersangka kasus dugaan korupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024