Presiden Rwanda Berkunjung Ke DPD RI

Presiden Rwanda Paul Kagame (kiri) dan Ketua DPD RI Irman Gusman (kanan)
Sumber :
  • DPD RI
VIVAnews
Justin Hubner Gabung, Waktunya Indonesia U-23 Mati-matian Raih Kemenangan
- Ketua DPD RI Irman Gusman melakukan pertemuan dengan Presiden Rwanda Paul Kagame di Komplek Parlemen RI, Jumat 31 Oktober 2014, di mana keduanya sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral dan kerja sama di bidang ekonomi.

Viral Video Pria Bakar Diri di Pinrang Sulawesi Selatan, Begini Faktanya

Pertemuan yang berlangsung satu jam itu menurut Irman berguna untuk berbagi pengalaman dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di kedua negara. Irman mengaku kagum pada kemampuan Kagame mengatasi perang saudara yang terjadi di Rwanda, pada 1974.
Kala IHSG Anjlok, 'Dompet' Orang Terkaya RI Ini Justru Kian Tebal


Sudah sepantasnya, kata Irman, Indonesia belajar dari pengalaman Rwanda. "Rwanda terkenal dengan perang saudara yang terjadi pada 1974, dan konflik bisa terselesaikan dengan baik. Kita bisa belajar mengatasi konflik yang terjadi di dalam negeri,” ujar Irman.


Irman mengatakan Kagame layak mendapat pujian karena berhasil membawa Rwanda dari negara konflik menjadi negara yang berkembang pesat. Hanya dalam 16 tahun Rwanda berhasil menjadi negara yang ekonominya paling stabil di Afrika.


“Berdasarkan data Transparancy International Rwanda berada di peringkat 50 teratas sebagai negara di dunia yang bersih dari korupsi. Berbeda dengan Indonesia, yang saat ini berada pada peringkat 114,” ungkap Irman.


Sementara itu, Paul Kagame mengatakan pihaknya sangat senang bisa berkunjung ke Indonesia. Dalam kunjungannya yang singkat ini pihaknya ingin memperkuat kerjasama di bidang perdagangan dan investasi, serta pertukaran budaya dan pendidikan.


"Saya datang ke negara ini untuk mendekatkan diri dengan Indonesia. Ini pertama kali saya berada di sini. Kami mencari kerjasama dengan Indonesia. Kami menginginkan adanya peningkatan hubungan dan kerjasama antara Indonesia dan Rwanda," ujar Kagame. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya