Pekan Produk Kreatif 2014 Hadir Kembali

Konferensi Pers Pekan Produk Kreatif Daerah 2014
Sumber :

VIVAnews – Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD). Bertempat di Birawa Hall, Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, acara yang telah diselenggarakan untuk keempat kalinya tersebut akan digelar pada 4-7 November 2014 mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.

Dimulai pada 2011 lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pelaksana kegiatan bermaksud untuk mendorong pengembangan ekonomi kreatif daerah berbasis budaya melalui penyediaan fasilitas pengenalan produk, pengembangan jaringan (networking) dan membuka pasar bagi para produsen produk kreatif berbasis budaya Jakarta khususnya.

Dengan tema “Industri Kreatif, Jakarta Baru”, penyelenggaraan PPKD 2014 merupakan wujud sarana promosi dan kegiatan gelar produk industri guna mendorong terciptanya berbagai karya kreatif dari enam wilayah di DKI Jakarta (kota administrasi & kabupaten) sesuai dengan keunggulan SDM, kreatifitas serta budaya yang dimiliki.
 
Plt Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengatakan kegiatan PPKD dapat menjadi ajang untuk saling bertukar informasi, pengetahuan, keterampilan serta pengalaman-pengalaman dari semua pihak. “Terutama seputar bagaimana menghasilkan produk lokal baru yang mempunyai nilai tambah dengan kreatifitas khas spesifik, bersumber dari kekayaan budaya, memiliki inovasi dan berorientasi pada kebutuhan pasar domestik maupun global”, imbuhnya.
Konferensi Pers Pekan Produk Kreatif Daerah 2014
Acara yang digelar selama empat hari tersebut nantinya akan melibatkan 250 peserta industri kecil dan menengah (IKM) dengan fokus pada produk kreatif yang berbasis di 15 bidang industri kreatif, informasi & teknologi (IT), Fashion, Kerajinan, Desain, Permainan Interaktik, Penerbitan & Percetakan, Musik, Video Film & Fotografri, Arsitektur, Seni Pertunjukan, Periklanan, Pasar Seni & Barang Antik, Layanan Komputer & Peranti Lunak, TV & Radio, Riset & Pengembangan, dan Kuliner.

Jumlah peserta ini tercatat terus mengalami peningkatan dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, yakni 104 IKM (2011), 125 IKM (2012) dan 142 IKM (2013). Menempatkan produk IT sebagai produk prioritas, tahun ini PPKD juga turut menampilkan berbagai produk IT kreatif hasil kerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta berbagai Universitas di DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, M Haris Pindratno berharap, penyelenggaraan PPKD mampu mewujudkan sinergi antar peserta sehingga memunculkan ciri khas tipologi produk kreatif di masing-masing wilayah, serta melebarkan pangsa pasar dan jumlah daya beli konsumen yang cinta produk Indonesia.

Pada penyelenggaraan keempat ini, Dinas Perindustrian dan Energi menargetkan nilai transaksi sebesar Rp3 miliar dengan total pengunjung mencapai 3.000 orang per hari. “Semua pengunjung dan peserta pameran tidak dipungut biata alias gratis,”tandas Haris.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

Kunjungi fans page Pekan Produk Ekonomi Kreatif Daerah 2014 di Facebook  dan Twitter @ppkdd2014 . (Webtorial)

(ren)





Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated several post-disaster tsunami revitalization projects in 2018 during his working visit to Central Sulawesi Province.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024