Ditemukan Kambing Kurban Berpenyakit Dijual di Mojokerto

Ilustrasi kambing yang dijual untuk kurban.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024
- Ditemukan sejumlah kambing kurban berpenyakit yang dijual para pedagang di sejumlah tempat penjualan hewan kurban musiman di Kota Mojokerto, Jawa Timur. Kambing-kambing itu, misalnya, menderita penyakit mata dan skabies atau kudis.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Hal itu ditemukan petugas Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Mojokerto dalam pemeriksaan hewan kurban, kemarin. Petugas memeriksa satu per satu kondisi hewan kurban mulai dari kondisi mata, mulut, kulit, telinga dan kuku.
Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga


Meski ditemukan sejumlah hewan berpenyakit, petugas tidak menyita hewan-hewan itu. Petugas hanya memberikan pengarahan dan meminta pedagang untuk tidak menjualnya karena tak layak untuk kurban.


Wali Kota Mojokerto, Mas’ud Yunus, yang turut dalam pemeriksaan itu, mengatakan bahwa pemeriksaan kambing itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya pedagang yang menjual kambing belum cukup umur untuk dijadikan hewan kurban dan kondisi kesehatannya tidak baik.


Petugas Dinas Pertanian dan Peternakan akan melakukan pemeriksaan rutin hewan kurban ini hingga Hari Raya Idul Adha. Itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kambing berpenyakit dijadikan hewan kurban.


Handi Firmansyah/Mojokerto
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya