Abu Vulkanik Bisa Ganggu Penerbangan Internasional

Pesawat tertutup abu Gunung Kelud di Bandara Adi Sumarmo, Solo
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodiq

VIVAnews - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, mengungkapkan bahwa abu vulkanik dari Gunung Kelud berpotensi mengganggu jadwal penerbangan internasional, selain rute dalam negeri.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Dia menegaskan, Jumat 14 Februari 2014, begitu ada laporan abu tebal Gunung Kelud dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Dirjen Perhubungan Udara diwajibkan langsung menghubungi Volcanic Ash Advisory Centers di Darwin, Australia.

"Karena, bisa jadi warning bagi penerbangan internasional," kata Surono di Istana Negara, Jakarta.

Sebab, menurut dia, abu vulkanik memiliki kandungan silika yang tinggi, sehingga jika abu itu masuk ke mesin pesawat akan sangat berbahaya. "Kalau kereta, berhenti macet nggak apa-apa. Kalau pesawat, mesin macet kan jatuh," kata dia.

Sementara itu, sejumlah jadwal penerbangan domestik dibatalkan akibat bencana alam ini. Maskapai PT Garuda Indonesia Tbk, misalnya memilih membatalkan penerbangan ke empat daerah tujuan. Lengkapnya, buka . (art)

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah
Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024