Setoran Awal Biaya Haji Tahun 2014 Naik

pelepasan kloter terakhir
Sumber :
  • ANTARA/Ampelsa
VIVAnews - Menteri Agama, Suryadharma Ali membenarkan adanya rencana menaikan Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Rencananya Kementerian Agama akan menaikkan setoran dari Rp25 juta menjadi Rp30 juta. Kenaikan tersebut rencananya akan mulai ditetapkan pada tahun ini.
Membintangi Drakor Populer The Matchmakers, Inilah Profil dan Fakta Tentang Jung Shin Hye!

"Betul ada rencana itu, mengapa akan dinaikkan karena kita juga melihat perkembangan ekonomi antara lain nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah," ujar Suryadharma di Monas, Minggu 5 Januari 2013.
Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Dia menambahkan, dengan melemahnya rupiah, bisa jadi akan diikuti dengan meningkatnya harga Bahan Bakar Minyak yang akan berpengaruh pada harga tiket haji. Selain itu, menurutnya biaya sewa pemondokan di Mekah yang ikut meningkat, turut menjadi alasan Kemenag menaikan biaya tersebut.
SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

"Maksudnya agar manfaat (bunga) dari uang itu meningkat. Kalau awalnya besar maka bunganya besar, karena besar maka kemenag bisa meningkatkan kualitas pelayanan tanpa menambah beban yang lebih berat bagi jamaah," terangnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa saat ini dari 48 komponen biaya haji, yang dibayar hanya dua komponen, yakni tiket dan biaya pemondokan. Nantinya, 46 komponen lain dibayarnya dari bunga setoran awal tersebut.

Sementara ketika ditanya apakah nantinya akan ada kenaikan biaya haji juga, Suryadharma Ali mengaku belum bisa memastikannya. "Belum tahu. Kita masih melihat perkembangan. Kita harapkan tidak," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya