Pakai LNG, PLN Hemat Dana Subsidi BBM Rp3,6 M/Hari

Megaproyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Sirih, Padang
Sumber :
  • Antara/ Iggoy el Fitra

VIVAnews - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan industri hulu migas mendukung sepenuhnya pemanfaatan gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) untuk pembangkit listrik dalam negeri.

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka

Plt. Kepala SKK Migas, J. Widjonarko, mengatakan pasokan LNG untuk pembangkit listrik ini akan membantu pemerintah mengurangi beban subsidi bahan bakar minyak yang digunakan untuk pembangkit listrik PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero).

"Sudah ada 22 kargo LNG dimaanfaatkan untuk sektor kelistrikan. Pasokan ini berasal dari Blok Mahakam dan diterima oleh fasilitas regasifikasi yang dioperasikan oleh PT Nusantara Regas," kata Widjonarko, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Minggu 6 Oktober 2013.

Pada 2013, kata dia, SKK Migas telah menginstruksikan untuk memasok dua kargo LNG dari Kilang LNG Tangguh di Papua. Menurutnya pasokan LNG untuk kelistrikan melalui fasilitas PT Nusantara Regas telah menjadi komitmen bersama SKK Migas dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Komitmen SKK Migas adalah memprioritaskan pemenuhan kebutuhan gas domestik terutama untuk mendukung program pemerintah mengurangi pemakaian BBM bersubsidi," kata dia.

Widjonarko menambahkan bahwa penyelesaian proyek pembangunan fasilitas terminal regasifikasi yang tepat waktu, akan semakin meningkatkan kredibilitas pembeli LNG Indonesia di mata produsen LNG.

Pasokan dua kargo LNG dari Kilang LNG Tangguh didasarkan pada surat instruksi Menteri ESDM. Instruksi tersebut meminta industri hulu migas menyediakan lima kargo LNG dari Kilang LNG Tangguh untuk pasokan domestik. Akan tetapi, dari lima kargo yang disediakan, ternyata domestik hanya mampu menyerap dua kargo.

Dua kargo LNG ini akan digunakan untuk pembangkit listrik milik PLN di Muara Tawar dan Muara Karang setelah sebelumnya diregasifikasi di fasilitas PT Nusantara Regas.

Satu kargo LNG yang dimanfaatkan untuk pembangkit listrik Muara Tawar dijalankan melalui proses pertukaran gas (swap gas) antara gas dari PGN dan Nusantara Regas.

Melalui mekanisme swap gas tersebut, pemenuhan kebutuhan gas untuk pembangkit Muara Tawar berasal dari gas PGN yang melalui jalur pipa South Sumatera West Java (SSWJ).

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Sedangkan konsumen PGN yang selama ini menerima pasokan gas dari pipa transmisi SSWJ akan menerima pasokan gas pengganti dari pasokan gas alam cair yang diregasifikasi pada fasilitas milik PT Nusantara Regas.

Satu kargo LNG lainnya direncanakan dimanfaatkan oleh PT PLN (persero) untuk pemenuhan kebutuhan gas di pembangkit listrik Muara Karang.

Keberadaan fasilitas regasifikasi terapung (FSRU) Jawa Barat yang dikelola oleh PT Nusantara Regas diharapkan dapat menjamin ketersediaan gas untuk kebutuhan kelistrikan dan industri di Jawa Barat ke depannya.

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman

"Melalui pemanfaatan LNG oleh PLN tersebut diharapkan terjadi penghematan subsidi BBM oleh PLN bisa mencapai Rp3,6 miliar per hari."

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Guru Besar Fakultas Psikologi UI Prof. Dr. Mirra Noor Milla, sepakat bahwa perempuan, anak-anak, dan remaja rentan terpapar radikalisme, seperti paparan BNPT

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024