SBY Perintahkan Para Menteri Tak Tanggapi Isu Politis

Mantan Presiden SBY.
Sumber :

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta para menteri di jajaran Kabinet Indonesia Bersatu jilid II untuk tidak menanggapi isu-isu terkait politik. Apalagi saat perekonomian sedang melemah saat ini, kinerja pemerintah dianggap ikut melemah karena masing-masing sibuk memikirkan kiprah partai dan pencalonannya di Pemilu 2014.

Oleh karena itu, Presiden SBY meminta para menterinya untuk berhati-hati dalam menanggapi pernyataan-pernyataan terkait kondisi perekonomian saat ini agar tidak dipolitisasi.

"Ada yang memang peduli pada perekonomian kita dan paham seluk beluk serba serbi ekonomi kita saat ini. Tapi ada juga yang memang dibawa ke arena politik, tidak murni ekonomi. Maklum tahun depan ada pemilu presiden," kata SBY saat membuka sidang kabinet di kantor presiden, Jakarta, 1 Oktober 2013.

SBY menegaskan hendak membuktikan hingga kini pemerintah masih konsisten bekerja. Ia tidak ingin para menterinya terpengaruh dengan terus menanggapi isu-isu politik di luar sana.

"Saya instruksikan kepada saudara, tidak perlu harus terlalu menanggapi isu-isu politik. Fokus saja kita atasi masalah ini, fokus saja kita menjaga perekonomian, melanjutkan pembangunan karena itu yang diharapkan oleh rakyat. Kalau kita terlalu tertarik kepada politik, kita bisa tidak fokus," ujarnya.

Apabila nanti isu-isu politik semakin kencang, SBY mengatakan akan menjelaskan kepada masyarakat tentang duduk perkara dan situasi yang sesungguhnya.

"Mungkin yang diceritakan dimana-mana tentang ketidakberhasilan pemerintah bisa menjadi kenyataan. Kita cegah, kita buktikan tidak seperti itu dengan cara kita bekerja all out, bekerja penuh dan insya Allah hasilnya akan baik," ucapnya.

SBY menjelaskan terkait masalah pangan, sesungguhnya ada yang mengalami surplus. Namun, ia tak memungkiri ada yang kurang.

"Dari dulu juga kurang. Atau sebetulnya karena pergerakan harga di tingkat dunia, maka kelihatannya jadi lebih mahal. Semuanya bisa dijelaskan. Tapi biarlah itu nanti saja. Yang penting apa yang sedang kita lakukan dengan titik berat kebijakan mari kita jaga, lanjutkan agar hasilnya bisa baik," kata SBY. (umi)

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045
Mariam Nabatanzi

Viral Sosok Wanita Tersubur di Dunia, Lahirkan 44 Orang Anak Tanpa Suami yang Menafkahi

Kisah wanita asal Uganda, Afrika yang dinobatkan sebagai wanita tersubur di dunia ini menuai sorotan, di usianya saat ini menginjak 40 tahun lebih ia sudah miliki 44 anak

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024