Pilgub Sumsel, 2.000 Kertas Suara Ditemukan Rusak

Periksa kertas suara
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Prodi Teknik Sipil dan Elektro UMB Raih Akreditasi Unggul
- Sebanyak 2.000 kertas suara untuk pemilihan suara ulang Gubernur Sumsel, pada 4 September 2013, ditemukan rusak dan tidak bisa dipakai. Kerusakan surat suara ini, ditemukan saat dilakukan pernyortiran oleh petugas KPU Sumatera Selatan.

Yoon Bomi Apink Pacaran dengan Produser Rado Selama 7 Tahun

Anggota KPU Sumsel, Divisi Logistik dan Keuangan, Kelly Mariana, mengatakan, pernyortiran telah dilakukan sejak Selasa 22 Agustus 2013 kemarin.
Pria di Florida Todongkan Pistol ke Pegawai McDonald's Hanya Gegara Saus


"Laporan yang kami terima, ada sekitar 2.000 kertas suara yang rusak. Paling banyak ditemukan di KPU Palembang berjumlah 1500 lembar yang rusak dan di Oku 300 lembar," kata Kelly kepada
VIVAnews
Senin, 26 Agustus 2013.


Dijelaskan Kelly, kerusakan surat suara tersebut, belum diketahui pasti penyebabnya, karena belum mendapatkan laporan secara resmi.


"Tetapi banyak yang warnanya pudar, ada juga yang terkena bercakan tinta di kolom gambar pasangan cagub-cawagub," jelasnya.


Jumlah kerusakan seluruh kertas suara belum diketahu pasti. Namun, menurut Kelly, kerusakan itu nantinya akan dimusnahkan dan kembali dicetak di percetakan.


"KPU kabupaten/kota baru hari ini melapor. Jadi jumlahnya belum pasti. Tetapi kisaran 2.000 kertas suara yang rusak. Jumlah kerusakan nanti kita cetak ulang. Sementara yang rusak kita musnahkan agar tak disalah gunakan," ungkapnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya