Hadirkan Mobil Murah, Toyota Tetap Yakin dengan Agya

Toyota Agya
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra
VIVAnews - Para produsen mobil, kini mulai berani unjuk gigi usai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani Peraturan Pemerintah No 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor. 
Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Sebab, para pemain mobil murah sudah mempersiapkan dan membocorkan produknya, di antaranya, Suzuki, Datsun, hingga Honda.
Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Lantas, bagaimana persiapan Toyota Agya, apakah nyalinya akan menciut melihat kompetitor yang juga siap terjun di pertarungan mobil murah?
Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget

"Hadirnya kompetitor sudah kami perkirakan. Karena planning ini sudah dirancang jauh hari, sebelum mereka hadir. Kami sudah perhitungkan," kata General Manager of Corporate Planning and Public Relation Toyota Astra Motor, Widyawati, saat ditemui di Royale Golf, Halim, Jakarta, Rabu 3 Juli 2013.

Widyawati menyatakan, munculnya para pemain mobil murah, membuat Toyota tetap gencar dan optimistis bahwa Agya bisa menarik hati konsumen di pasar nasional.

"Kami tidak akan lakukan perubahan atau penambahan lagi. Mobil Agya tetap sama seperti yang pernah diperkenalkan September lalu di IIMS (Indonesia International Motor Show)," kata dia.

Untuk mengembangkan Agya, Widyawati melanjutkan, Toyota Astra Motor sudah melakukan studi selama 5-7 tahun. "Jadi, tidak mungkin sebuah mobil itu akan diubah dengan cepat, butuh waktu," ungkapnya.

Mengenai harga, menurut dia, Toyota masih menunggu petunjuk pelaksanaan dari peraturan pemerintah itu. Untuk itu, Toyota belum berani membocorkan berapa harga Agya.

"Kalau ada yang pesan boleh, tetapi itu masuknya indent list, dan kami belum bisa putuskan berapa biayanya," tutur Widyawati.

Sementara itu, di antara mobil murah yang telah siap, salah satunya adalah Suzuki. Selain sempat memperlihatkan mobil konsep bernama G-II di ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) dan tiba-tiba menghilang, produsen mobil berlambang S itu kedapatan menjajal G-II di beberapa jalanan di Jakarta dan sekitarnya.

Tidak hanya itu, Datsun yang kembali dihidupkan perusahaan mobil Nissan, juga baru-baru ini resmi memperlihatkan teaser-nya. Bahkan, banyak yang menilai mobil murah Datsun lebih terlihat modern dan futuristik. Di Indonesia, rencananya Datsun baru akan dijual tahun depan.

Selai itu, Honda akan menyusul mobil murahnya dengan nama Brio Satya. Dugaan sementara, mobil tersebut akan menggunakan platform hatchback Brio. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya