Pengadilan di AS Cabut Larangan Pernikahan Sejenis

Pernikahan Gay
Sumber :
  • kcbs.com
VIVAnews - Pengadilan Banding Sirkuit 9 Amerika Serikat mencabut larangan pernikahan sejenis di kota California. Pencabutan larangan ini sesuai dengan perintah Mahkamah Agung yang dikeluarkan pada Rabu lalu, 26 Juni 2013. 
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Kantor berita BBC, Sabtu 29 Juni 2013 melansir, Mahkamah Agung AS mencabut sebuah larangan diadakannya pernikahan sesama jenis yang disebut Proposition 8. Larangan yang kerap disebut Prop 8 itu kali pertama disahkan pada November 2008 oleh kelompok penentang pernikahan pasangan sejenis. 
5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Hasil keputusan itu berarti pernikahan sejenis dapat dilakukan di 13 distrik di negeri Paman Sam dan Distrik Columbia. Namun, Pengadilan Banding sedang menunggu selama 25 hari sebelum mencabut larangan tersebut. 
Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore

Hal itu dilakukan apabila pihak yang kalah, dalam hal ini kelompok penentang hubungan sejenis, ingin kasusnya diajukan kembali ke pengadilan. Namun, pada Jumat kemarin, hakim di Pengadilan Banding bertindak cepat, karena pencabutan larangan itu akan segera dilakukan. 

Maka, jadilah pada Jumat kemarin, terjadi pernikahan sejenis untuk kali pertama sejak 2008. Pasangan Cindy Stier dan Kristin Perry akhirnya menikah di Balai Kota San Fransisco. 

Pernikahan mereka dipimpin oleh Jaksa Agung kota California, Kamala Harris. Harris mengumumkan bahwa pernikahan mereka sah di mata hukum. 

"Mereka telah menunggu dan berjuang untuk momen pada hari ini. Kini penantiaan mereka telah usai," ujar Harris. 

Pasangan lain yang juga menikah setelah larangan itu dicabut adalah Paul Katami dan Jeff Zarrillo yang menikah di kota Los Angeles. Sementara itu, di tempat terpisah, pendukung Prop 8, menuduh lawan mereka meraih tujuannya dengan cara yang tidak terpuji. 

"Aturan ini benar-benar memalukan bagi kota California," ungkap penasihat umum untuk koalisi kelompok konservatif agama yang mensponsori aturan Prop 8, Andy Pugno. 

Awal mula pencabutan larangan tersebut bermula dari tuntutan hukum yang diajukan oleh pasangan Stier dan Perry terhadap Prop 8. Akibat pemerintah negara bagian California menolak untuk membela Prop 8, maka kelompok masyarakat tertentu memutuskan untuk turun tangan langsung mempertahankan aturan tersebut. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya