Bawaslu Segera Putuskan Nasib Bacaleg 3 Partai

Bawaslu Terima Pakta Integritas
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan segera mengumumkan nasib para bakal calon legislatif (bacaleg) dari tiga partai politik (parpol) yaitu Partai Gerindra, PPP dan PAN yang sebelumnya dinyatakan tidak lolos oleh KPU. Bawaslu sudah melakukan klarifikasi terhadap para pelapor dan memutuskan untuk meneruskan sebagai sebuah aduan pelanggaran.
Pemerintah Pastikan Fundamental Ekonomi RI Kuat Redam Dampak Ekonomi Konflik Iran Vs Israel

"Rencananya hari Minggu sudah ada keputusan Bawaslu terkait Gerindra karena yang paling pertama lapor itu adalah Gerindra, kemudian PPP dan PAN," kata Ketua Bawaslu, Muhammad, di Gedung Bawaslu, Jakarta, Jumat 14 Juni 2013.
Arab Saudi Beri Hukuman Berat Ini Kepada Pelaku Kekerasan Seksual di Makkah dan Madinah

Muhammad menuturkan bahwa proses pengaduan parpol ke Bawaslu tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Kurang dari satu minggu, Bawaslu sudah akan memberikan putusannya. 
5 Negara yang Punya Utang Paling Besar ke China

"Tiga plus dua. Jadi, tiga partai, lima hari sudah harus ada keputusan Bawaslu," ujarnya.

Terkait sikap KPU yang tidak meloloskan para bacaleg tersebut, Muhammad mengaku belum dapat menanggapinya. Apakah sikap KPU sudah benar atau menyalahi prosedur dan undang-undang tentang pemilu.

"Belum sampai pada kesimpulan itu. Akan pada waktunya kami akan konfrensi pers, terhadap partai-partai itu. Kami akan sampaikan," terangnya.

Muhammad menambahkan bahwa keputusan KPU sudah benar bila didasarkan pada Peraturan KPU. Namun kemudian, keputusan itu masih perlu diuji lagi dengan regulasi-regulasi yang lain.

"Apakah PKPU itu bertentangan dengan undang-undang (yang lebih tinggi) atau tidak. Itu akan kami kaji nanti," ucapnya. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya