Ini Strategi Para Pelaku Bisnis E-Commerce di Indonesia

Sumber :
  • idiva.com
VIVAnews -
Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid
Perkembangan pesat bisnis komersial elektronik
(e-commerce)
Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Indonesia sepanjang dua tahun terakhir menggambarkan geliat besar pertumbuhan dunia online.
Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Berdasarkan survei dari Nielsen Indonesia pada Maret 2010 silam, 68 persen dari populasi online di Indonesia pernah belanja di Internet.

Persentasi itu melesat 63 persen dari tahun sebelumnya. Hal itu juga yang mendorong pertumbuhan perusahaan e-commerce besar di Indonesia.

Menurut Hadi Wenas, Managing Director Zalora Indonesia, potensi pasar e-commerce di Indonesia sangat besar dan menggiurkan. Terbukti ada investor yang memberikan dana segar US$100 juta, setara Rp970 miliar, untuk pengembangan Zalora di kawasan Asia Tenggara.

"Itu adalah jumlah yang sangat besar. Tentu ada alasan di balik pemberian dana itu. Kawasan Asia Tenggara adalah pasar yang sangat menjanjikan untuk e-commerce," kata Hadi, kepada VIVAnews di Jakarta, 23 Mei 2013.

Untuk menambah tren penggunaan e-commerce di Indonesia, Zalora siap bersaing dari sisi harga, keamanan, dan pengiriman.

"Kami terus berinovasi untuk memperkenalkan produk-produk kepada para pelanggan, termasuk pelayanan cash on delivery (bayar di tempat), dan kerja sama dengan artis-artis untuk menjual koleksi pribadinya," tutur Hadi.

Saat ini, Zalora juga telah mengembangkan sebuah aplikasi untuk menambah pelayanan kepada pelanggan, yaitu sebuah aplikasi virtual fitting bernama 'Fitz Me' di perangkat iOS dan Android.

"Aplikasi itu memudahkan pelanggan saat membeli baju secara online. Mereka dapat mengetahui apakah badannya cocok menggunakan pakaian yang akan dibeli tanpa perlu melihat barang itu secara fisik," jelas Hadi.

Sebagai pelaku bisnis e-commerce yang ingin terus berkembang, Zalora akan melanjutkan inovasi dari sisi teknologi maupun pelayanan untuk menambah kepuasan pelanggan.

"Itu terbukti, saat ini kami memiliki visit mencapai 200.000 dan kurang lebih 1.000 transaksi tiap harinya," ungkap Hadi. (ren)

PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024