Kemendagri: Mirip Simbol GAM, Bendera Aceh Bisa Dibatalkan

Bendera GAM
Sumber :

VIVAnews - Kementerian Dalam Negeri akan mengevaluasi pengesahan bendera Gerakan Aceh Merdeka sebagai bendera resmi pemerintah Aceh. Selain bendera, Dewan Perwakilan Rakyat Aceh juga mengesahkan lambang Buraq-Singa milik GAM sebagai lambang Aceh.

"Yang namanya Perda atau Qanun itu tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundangan yang lebih tinggi ataupun kepentingan umum," ujar Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri, Reydonnyzar Moenek usai sidang Pembentukan Pemda Kalimantan Utara di gedung MK, Jakarta, Rabu, 27 Maret 2013.

Pria yang akrab disapa Donny ini menegaskan, lambang daerah tidak boleh menyerupai gerakan separatis seperti di Papua, Maluku, atau GAM di Aceh. "Itu tidak diperbolehkan menyerupai atau menginspirasikan," tegas Donny.

Menag Ingatkan Umat Islam soal Perjuangan Politik Pemilu 2024 Sudah Selesai

Qanun Nomor 2 Tahun 2013 yang mengatur tentang Bendera dan Lambang Aceh harus disampaikan terlebih dahulu kepada Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Setelah itu, Kemendagri akan mengevaluasi. "Nanti Mendagri dapat mengklarifikasi dan evaluasi," ujar dia.

Jika nantinya, rekomendasi Kementerian Dalam Negeri tidak diikuti oleh DPRA, maka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berhak membatalkan. (umi)

Honri Boma EV

Mobil Listrik Ini seperti Replika Alphard Mini, Harga Murah Meriah

Toyota Alphard menjadi mobil MPV premium dengan bodi bongsor, kini ada mobil yang mereplikanya dengan ukuran lebih kecil. Yakni, mobil listrik Honri Borna asal China.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024