"Jika SBY Maju Ketua Umum, Semua Kandidat Tergerus"

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • ANTARA/Jessica Helena Wuysang
VIVAnews -
Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Ramadhan Pohan mengungkapkan, kandidat ketua umum partainya mengerucut pada Susilo Bambang Yudhoyono. Jika Dewan Pimpinan Daerah dan Cabang Partai Demokrat sudah mengusung nama SBY, Pohan memastikan tidak akan ada lagi kader yang berani mengajukan diri.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Ada beberapa nama yang santer akan maju sebagai calon Ketua Umum Partai Demokrat di Kongres Luar Biasa di Bali, akhir bulan ini, di antaranya Marzuki Alie, Hadi Utomo, dan Saan Mustofa. "Begitu ada sinyal menyebut SBY, seketika langsung menggerus hasrat maju nama-nama yang saya sebut tadi," kata Ramadhan Pohan di Gedung DPR, Rabu 27 Maret 2013.
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024


Selain itu, Ramadhan juga menilai SBY bisa menggerus potensi-potensi konflik dan faksionalisasi yang ada saat ini jika terpilih sebagai ketua umum.


Menjawab sejumlah pendapat yang menyebut SBY akan semakin memonopoli kekuasaan di Demokrat jika jadi ketua umum, Ramadhan menampik. Ketua umum yang akan dipilih melalui KLB nanti, menurut dia, hanya untuk melengkapi persyaratan Komisi Pemilihan Umum, yaitu penekenan daftar calon sementara legislatif.


"Sebagai Ketua Majelis Tinggi itu sudah tertinggi di partai. Tapi kalau DCS harus tanda tangan ketum, ini yang jadi pertimbangan," kata dia. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya