Ical: Indonesia-Malaysia Dapat Menjadi Jangkar Asia

Aburizal Bakrie bertemu petani di Penimbung, Lombok Barat
Sumber :
  • Antara/ Ahmad Subaidi
VIVAnews -
Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya
Malam ini para petinggi UMNO dan Partai Golkar bertemu dalam acara jamuan makan malam di Kuala Lumpur, Malaysia. Dua partai besar di negaranya masing-masing ini siap untuk mengharmoniskan hubungan Indonesia-Malaysia.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Delegasi Partai Golkar dipimpin langsung Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie, sementara delegasi UMNO dipimpin oleh Timbalan atau Wakil PM Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin.
Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23


Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut, kedua pimpinan terlihat berbincang santai sambil menikmati hidangan. Tidak ada keterangan pers mengenai apa yang dibicarakan kedua partai besar ini.


Namun siang harinya saat bertemu di acara pelantikan pengurus Partai Golkar Luar Negeri Malaysia-Brunei, kedua belah pihak menyampaikan akan berusaha menjaga agar hubungan dua negara harmonis.


"Sejak belum merdeka hubungan Indonesia-Malaysia sangat erat, tentu ada perbedaan perbedaan kecil tapi bisa diselesaikan. Seperti suami istri yang ada pertengkaran pertengkaran kecil tapi bisa diselesaikan," kata Aburizal di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis 7 Maret 2013.


Aburizal mengatakan hubungan Malaysia dan Indonesia harus dijaga agar bisa jadi jangkar untuk ASEAN dan Asia. Hubungan UMNO dan Golkar yang sudah lama ada bisa jadi jembatan untuk menyelesaikan masalah yang kerap muncul dan mengganggu keharmonisan kedua bangsa serumpun.


"Ini
second track diplomacy.
Kalau hubungan pemerintah ada kekakuan-kekakuan, hubungan antar manusia penting dan bisa jadi solusi. Banyak masalah bisa diselesaikan diawali dari
second track diplomacy
," ujarnya.


Ketua Penerangan UMNO Datuk Ahmad Maslan juga berpandangan sama. Dia mengatakan keharmonisan hubungan Indonesia dan Malaysia harus dijaga. "Asean kuat karena kokohnya hubungan Indonesia dan Malaysia ini," ujarnya.


Dia mengakui memang banyak masalah yang kerap mengganggu hubungan baik kedua negara. Maka bersama Golkar, UMNO siap menyelesaikan masalah-masalah tersebut. "Hingga tercipta bangsa serumpun yang harmonis dan saling menguntungkan dengan semangat kekeluargaan," tuturnya.


Laporan: Dian Widiyanarko
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya