Suriah Terus Bergolak, Indonesia Kembali Pulangkan WNI

WNI Tiba Dari Mesir
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 
- Suriah terus bergolak. Perang antara rezim Bashar Al Assad dengan tentara pemberontak terus terjadi di sejumlah kota. Karena kondisi keamanan yang terus memburuk, Kementerian Luar Negeri terus berupaya memulangkan sejumlah Warga Negara Indonesia dari Suriah.

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

Pada Selasa, 26 Februari 2013, Kementerian Luar Negeri berhasil memulangkan 129 WNI ke tanah air. Pemulangan ini merupakan gelombang ke lima. Saat ini, masih ada 172 WNI yang berada di
Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
shelter Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Damaskus. Dari jumlah itu, 70 di antaranya tengah menunggu proses administrasi sebelum siap dipulangkan.


Berdasarkan data dari Kemenlu, selama bulan Februari ini tercatat sudah ada 549 WNI yang dipulangkan. Mereka terbagi dalam lima penerbangan berbeda. Rombongan pertama yang dipulangkan dari Damaskus berjumlah 128 WNI pada 6 Februari 2013. Rombongan kedua, 132 WNI tiba pada 13 Februari 2013.


Kemudian pada 18 Februari 2013, sebanyak 87 WNI masuk ke dalam rombongan ketiga. Sementara, rombongan keempat yang berjumlah 73 WNI diterbangkan dari Damaskus pada 20 Februari 2013 dan hari ini merupakan rombongan kelima.


Pada Januari 2013, Kemlu sudah memulangkan 508 WNI dari KBRI di Damaskus. Sehingga, hingga saat ini, total WNI yang dipulangkan dari Damaskus dalam dua bulan ini berjumlah 1.057 orang.


Proses pemulangan WNI dari Suriah selama ini bisa berjalan lancar. Sebab, KBRI di Damaskus dan Beirut terus melakukan kooordinasi dengan baik. "Selain itu kedatangan tim percepatan Kemlu juga turut membantu satgas KBRI Damaskus untuk mencapai angka tersebut," demikian pernyataan dari kementerian Luar Negeri.


Sementara, Duta Besar RI di Damaskus, Wahid Abdul Jawad, mengatakan akan terus berupaya maksimal untuk dapat mempercepat proses pemulangan WNI dari Suriah dengan jumlah sebanyak mungkin. Dia mengungkap bahwa proses pemulangan WNI di Suriah ini tidak mudah, karena sebagaian besar dari mereka merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya