Cara Mudah Kredit Mobil, Tak Nunggak Cicilan

Ilustrasi jual beli mobil bekas.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara
- Minimnya fasilitas angkutan umum membuat kalangan masyarakat menengah lebih memilih menggunakan mobil pribadi.

Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah

Meski begitu, hampir sebagian besar dari mereka tidak membeli secara tunai, melainkan kredit. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memilih kredit mobil, ada baiknya memperhatikan beberapa hal penting.
Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen


Pertama, yang harus diperhatikan adalah pemilihan sarana kredit. Seperti diketahui, ada dua macam lembaga yang menyediakan sarana perkreditan, yaitu perbankan dan lembaga pembiayaan.


Pembiayaan melalui institusi perbankan akan lebih berhati–hati dalam mengucurkan dana untuk kredit kepemilikan mobil. Namun, akhir–akhir ini beberapa bank sudah mulai menawarkan kredit kepemilikan mobil yang cukup mudah.


Pembiayaan melalui
payment agent
biasanya terkait langsung dengan perusahaan otomotif, baik sebagai agen tunggal, pemegang merek, atau dealer.


Selain memperhatikan sarana pembiayaan, Anda juga perlu memperhatikan jenis mobil yang akan dibeli. Anda wajib memilih mobil yang memang benar–benar dibutuhkan. Lihat dari segi manfaat atau kebutuhan, jangan hanya karena alasan gengsi kemudian Anda membeli mobil.


Banyak pilihan dalam memilih kredit mobil yang tepat. Anda bisa memilih mobil baru di dealer terdekat atau mobil bekas di bursa mobil.


Memilih mobil bekas di bursa mobil sebenarnya cukup berisiko. Anda harus memiliki pengetahuan otomotif yang lebih dalam, lantaran terdapat banyak sekali pilihan yang harus dipertimbangkan.


Tampilan luar saja tidak cukup untuk meyakinkan kondisi mobil. Periksa juga mesin, kondisi interior, dan juga
spare part
yang digunakan mobil itu.


Anda juga perlu mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan prosedur kredit. Mulai dari uang muka dan besarnya angsuran yang harus dibayar setiap bulannya.


Bagi sebagian penyalur kredit, besaran uang muka akan menunjukkan keseriusan dalam mengambil kredit. Karenanya, Anda perlu menyalurkan uang muka yang besar agar dianggap serius oleh bank.


Dalam memilih angsuran, sebaiknya mengeluarkan tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan Anda per bulan. Jangan sampai pendapatan per bulan justru habis hanya untuk membayar cicilan mobil.


Terakhir, Anda juga perlu memperhatikan proses pengajuan kredit, suku bunga yang terbaik, dan asuransi yang dibutuhkan. (art)


Sumber: Toyota.co.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya