Teleskop Super Mahal Pendeteksi Meteor Rusia Dikecam

Benda yang diduga meteor terlihat di atas langit Chelyabinsk, Ural, Rusia
Sumber :
  • equipmentworld.com
VIVAnews
Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget
- Sejauh ini, ilmuwan telah menemukan lebih dari 50 pecahan kecil meteor yang jatuh di danau es di kota Chelyabinsk, Rusia.

Saudi Arabia Makes First Debut at Miss Universe Pageant

Viktor Grokhovsky, yang memimpin ekspedisi dari Ural Federal University, mengatakan 50 pecahan kecil meteor memiliki kurang dari satu sentimeter. Sekitar 10 persen memiliki kandungan besi dan jenis chondrite--variasi paling umum dari meteorit yang ditemukan di Bumi.
Polisi Usut Dugaan Pelecehan Seksual yang Dilakukan Eks Ketua DPD PSI Jakbar


Serpihan meteor itu ditaksir memiliki harga berlipat ganda jika di jual pasar gelap. Tak heran, banyak para kolektor dunia ikut berburu melalui dunia maya atau datang langsung ke sana.


Kepala Departemen Astronomi Institut Penelitian Ruang Angkasa, Lidiya Rykhlova mengatakan, para ahli telah merancang program untuk menyelamatkan gedung-gedung dengan sistem peringatan dini meteor, asteroid, komet dan benda angkasa lainnya.


Namun memerlukan teleskop baru yang lebih canggih, termasuk teleskop yang disimpan di luar angkasa. Rancangan program selama 10 tahun ini akan mengabiskan biaya 58 juta rubel atau Rp18 triliun.


Besarnya anggaran itu membuat banyak warga bertanya-tanya. Bahkan pemimpin oposisi dan pejuang antikorupsi Alexei Navalny, melontarkan kecaman keras.


"Sebaiknya perbaiki jalan di kota Chelyabinsk. Lubang-lubang jalan yang ada menyebabkan banyak kerusakan dibandingkan dengan lebih dari 100 meteor sekalipun," katanya.


(Sumber: Huffingtonpost)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya