Kemenkes Jamin Tak Ada Pungutan Uang Muka RS

Dara Nur Anggraini Menjalani Perawatan di RS Tarakan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Hal Ini Buat Rossa Disangka Segera Nikah
- Dirjen Bina Upaya Kesehatan (BUK) dari Kementerian Kesehatan, Akmal Taher, menyadari sistem integrasi antar rumah sakit di Jakarta belum berjalan. Namun, dia berjanji akan membangun sistem operasional antar rumah sakit yang lebih baik agar kasus yang menimpa bayi Dera tak terulang.

Terpopuler: Pengemudi Fortuner Pelat Dinas TNI Ditangkap, Negara yang jadi Medan Perang Dunia III

"Kita siapkan langkah-langkah lain agar kita bisa membantu bayi yang lahir prematur. Kami usahakan, membuat sistem operasi yang lebih bagus, tidak perlu orangtua datang ke rumah sakit," ujar Akmal Taher dalam jumpa pers di kantor Dinkes DKI Jakarta, Selasa, 19 Februari 2013.
Mengejutkan! Rangking FIFA 8 Negara Eropa Ini Ada di Bawah Timnas Indonesia


Menurut Akmal, langkah lain yang sangat logis dan harus ditempuh adalah menambah kapasitas Neonatal Intensive Care Unit (NICU).


"Fasilitas ini memerlukan juga kesiapan tenaga yang cukup andal, karena ini kebutuhan khusus, biasanya ditangani dokter anak. Perawat juga khusus, untuk menangani pasien anak dalam kegawatan," ujarnya.


Kapasitas peralatan ini, kata Akmal memerlukan waktu cukup lama dalam hal persiapannya. Ia pun menjelaskan, bayi Dera yang saat itu dalam kondisi darurat sangat berisiko jika dipindah ke RS yang belum jelas memiliki fasilitas NICU atau tidak.


"Kalau yang ada NICU itu kita usahakan karena tidak ambil risiko. Tapi kalau tidak ada NICU, tapi dipaksa ditindak, itu kita ambil risiko," ungkapnya.


Akmal yang juga Direktur Umum RS Cipto Mangunkusumo membantah ada rumah sakit yang meminta uang muka saat pasien dalam kondisi gawat darurat.


"Mesti diperjelas, 8 RS itu tidak punya perawatan khusus untuk NICU. Kita sudah tanya 8 RS, tidak ada yang minta uang muka. Karena memang dalam keadaan emergency tidak boleh minta uang muka," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya