Dinas Kesehatan DKI: 8 RS Tidak Tolak Bayi Dera

Keluarga menangisi kematian bayi Dera
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews – Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emawati menyatakan, bayi Dera Nur Anggraini yang lahir prematur dan meninggal dunia, tidak ditolak oleh 8 rumah sakit di Jakarta.

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Dien mengatakan, bayi Dera lahir dengan berat 1.000 gram di RS Zahira. “Saat lahir bayi Dera dalam kondisi khusus dan butuh alat khusus NICU (Neonatal Intensive Care Unit),” kata Dien dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa 19 Februari 2013.

Sejak lahir hingga enam hari kemudian meninggal, Dera terus berada di RS Zahira karena fasilitas NICU di RS lain penuh.

Dien mengatakan, bayi Dera tidak pernah meninggalkan RS Zahira. Dera tidak dibawa mondar-mandir oleh orangtuanya untuk mencari RS yang memiliki fasilitas NICU. RS Zahira juga membantu orangtua Dera menelepon kedelapan RS yang dituju sebagai rujukan bagi Dera.

“Ada RS yang tidak punya NICU, ada yang punya NICU tapi penuh,” kata Dien. Ucapan itu dibenarkan oleh Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Akmal Taher.

“Saat dibutuhkan, semua RS penuh. Kami sudah klarifikasi dan panggil RS yang dibilang menolak. Mereka ternyata bukan menolak, namun ketika itu memang tidak ada tempat bagi bayi yang butuh NICU,” ujar Akmal. (umi)

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal 2 Bandara Soetta

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10

Kementerian Perhubungan, mendapatkan fakta terkait dengan pergerakan penumpang dalam periode angkutan mudik Lebaran 2024. Pemudik menumpuk di H-4, H-3 lebaran Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024