NGO Indonesia Masuk The Top 100 NGOs 2013

Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation
Sumber :
  • YCAB Foundation

VIVAnews - The Global Journal, yang fokus pada isu sosial dan pembangunan, mempublikasikan The Top 100 NGOs 2013 dari 450 NGOs (Lembaga Swadaya Masyarakat) yang terpilih di seluruh dunia. Seratus Non Goverment Organization (NGO) tersebut diseleksi berdasarkan kriteria dampak, inovasi, dan keberlanjutan dari kegiatan yang dilakukan.

Dari seleksi tersebut, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation adalah satu-satunya NGO asal Indonesia yang masuk ke dalam jajaran 100 besar NGO terbaik di dunia. 

Posisinya YCAB berada pada peringkat ke-74, mengungguli dua NGO internasional ternama seperti World Vision yang berada pada peringkat ke-78 dari United Kingdom dan Greenpeace yang berada pada peringkat ke-89.  Adapun BRAC Bangladesh, menempati peringkat ke-1 dan Akilah Institute For Women (Rwanda) menempati peringkat ke-100.

YCAB Foundation didirikan pada tahun 1999 dan fokus pada isu remaja melalui tiga pilar, yaitu kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi.

Sampai dengan tahun 2012, program-program YCAB Foundation telah memberikan dampak kepada lebih dari dua juta orang di Indonesia. YCAB Foundation juga memiliki kantor perwakilan internasional di New York, Amerika Serikat dan terdaftar sebagai organisasi non-profit yang memiliki fasilitas pengurangan pajak.

YCAB Foundation juga telah mendapatkan Special Consultative Status of Economic and Social Council dari United Nations atau Perserikatan Bangsa Bangsa sejak 2007.

Founder /CEO YCAB Foundation, Veronica Colondam, menyatakan bahwa pencapaian ini tercapai berkat dukungan pemerintah dan kepercayaan para stakeholders. Dengan penghargaan ini, mereka juga berkomitmen untuk memperluas jangkauan program ke negara-negara Least Developed Country (LDC) sehingga memberikan dampak yang lebih besar bagi masyarakat dunia

"Penghargaan ini akan terus memacu semangat tim YCAB Foundation untuk semakin inovatif dalam mengimplementasikan program-program yang berkelanjutan dalam membangun kemandirian remaja," katanya.

Selain mempublikasikan daftar 100 NGOs terbaik di dunia, The Journal, yang berpusat di Genewa Swiss, memaparkan peningkatan pengaruh NGOs dalam semua fase kehidupan modern. Media yang juga aktif bersuara tentang peran para pemain global dalam tata kelola dunia tersebut juga membahas sejarah NGO di dunia dan perkembangannya hingga saat ini. (eh)

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya
Kondisi Lalu Lintas malam Takbiran di Bundaran HI

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Kondisi lalu lintas di Bundaran HI saat malam takbiran ini terpantau padat merayap, terlihat sejumlah kendaraan roda dua hingga mobil memadati badan jalan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024