Defisit Perdagangan RI Kedua Sejak 50 Tahun Lalu

Pelabuhan Peti Kemas Pelindo II Tanjung Priok, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Hermanus Prihatna

VIVAnews - Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar mengungkapkan defisit neraca perdaganagan yang terjadi pada 2012 merupakan yang kedua sejak 50 tahun lalu. Karenanya masalah ini jadi fokus utama pemerintah.

"Jadi selama hidup saya, Indonesia  belum pernah mengalami defisit perdagangan sehingga ini jadi catatan," ujar Mahendra di kantornya, Jakarta, Senin 7 Januari 2012.

Mahendra mengatakan, hal tersebut juga terjadi pada neraca perdagangan migas pada 2012. Defisit yang terjadi merupakan yang kedua kali sejak krisis ekonomi yang menghantam Indonesia pada 2008.

Sementara itu melihat kondisi global yang belum ada perbaikan, secara keseluruhan neraca pembayaran pemerintah masih akan tertekan, jika tidak ada kebijakan yang efektif. "Ini harus dicermati," katanya.

Hingga November neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit US$1,3 miliar. Hal tersebut dampak dari penurunan harga komoditas yang salah satunya dipengaruhi oleh krisis ekonomi global. (adi)

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali
Gunakan Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Dump Truk

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Rasa senang bisa memiliki sepeda motor baru untuk ke sekolah, justru berbuah petaka dialami Faizal Hadi Winata, seorang pelajar SMA Negeri 2 Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024