Dominasi Survei LSI, PKB Bangga pada Mahfud MD

Mahfud MD
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut baik hasil jajak pendapat, opinion leader Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menempatkan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD sebagai tokoh yang layak menjadi calon presiden dalam pemilu 2014.

"Kami bangga, karena dia terpilih sebagai calon presiden alternatif," kata Sekretaris Fraksi PKB, Hanif Dhakiri, di Jakarta Jumat 30 november 2012.

Namun, tambah Hanif, hasil itu tidak serta-merta membuat partainya langsung menjatuhkan pilihan kepada mantan fungsionarisnya ini untuk dicalonkan sebagai presiden pada pemilu 2014 mendatang. Sebab, hingga kini PKB belum menentukan apakah Mahfud masuk kriteria presiden atau tidak. "PKB juga belum menetapkan kriteria calon presiden yang bakal diusung pada pemilu 2014," katanya.

Sebelumnya, LSI menjaring suara 223 opinion leader (pemuka pendapat) dari berbagai latar belakang dan menanyakan calon presiden pilihan mereka untuk 2014 nanti. Mahfud MD ternyata mendominasi dalam survei itu.

Total skor kualitas personal tokoh menurut para opinion leader itu menempatkan Ketua Mahkamah Konstitusi itu di peringkat teratas dengan 79 poin. Posisi berikutnya ditempati Jusuf Kalla 77, Dahlan Iskan 76, Sri Mulyani Indrawati 72, Hidayat Nur Wahid 71, dan Agus Martowardojo 68.

Mahfud unggul dalam kategori "tidak melakukan atau diopinikan melakukan KKN atau suap" dengan skor 80. Posisi berikutnya adalah Dahlan Iskan 76, Hidayat Nur Wahid 75, Jusuf Kalla 72, dan Agus Marto 69.

Mahfud juga jadi pemuncak ketika ditanyakan soal "tidak melakukan atau diopinikan melakukan tindak kriminal atau pelanggaran HAM" dengan skor 83. Berikutnya Dahlan Iskan dan Jusuf Kalla sama-sama mendapat 79, Hidayat 77, dan Sri Mulyani 76.

Total responden survei ini adalah223 orang, di mana 194 orang di antaranya bersedia dipublikasikan namanya sebagai responden atau penilai. Mereka terdiri dari wartawan, pemimpin bisnis, tokoh LSM dan organisasi kemasyarakatan, dosen, pengacara, dan lainnya. Di antara yang bersedia dipublikasikan namanya adalah Pemimpin Umum Tempo Group Bambang Harimurti, Pemimpin Redaksi tvOne Karni Ilyas, pengacara Todung Mulya Lubis, dan mantan Ketua Umum Muhammadiyah Prof. Syafii Maarif.

Laporan: Arie Dwi Budiawati

Pria Tanpa Identitas Tewas di Tol Dalam Kota, Diduga Tertabrak saat Menyeberang
Ilustrasi essential oil/minyak esensial.

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam penggunaan minyak atsiri atau essential oil, para orangtua tetap harus teliti dan memastikan kembali apakah kandungannya aman untuk kulit bayi serta miliki manfaat.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024