Tjahjo-PDIP: Soal 2014, Mega Belum Tentukan Sikap

Megawati Soekarnoputri berfoto bersama patung lilin Soekarno
Sumber :
  • REUTERS/Chaiwat Subprasom

VIVAnews - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Tjahjo Kumolo, mengatakan, saat ini Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, belum mengambil sikap terkait Pemilihan Presiden 2014 mendatang.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Menurut Tjahjo, PDIP masih harus mencermati gelagat dinamika politik nasional dan internasional menjelang pemilu 2014. "Jadi biarlah rakyat Indonesia menentukan pilihannya tanpa tekanan dan rekayasa," kata Tjahjo, Jumat 30 November 2012. 

Tanpa rekayasa itu, maksud Tjahjo, adalah KPU harus netral,  KPU harus transparan tanpa peran intelijen dan TNI-Polri benar-benar netral.

Sementara, soal Megawati mendapat poin tinggi dalam kategori "calon presiden yang mampu berdiri di atas semua kelompok atau golongan", menurut Tjahjo, hal itu wajar karena Megawati pernah tiga tahun menjabat sebagai presiden dan pernah menjabat wakil presiden.

"Wajar kalau 95 persen masyarakat Indonesia mengenalnya berdasarkan survei LSI dan wajar kalau beberapa hasil survei masih menempatkan posisi teratas, dan elite bangsa lewat LSI juga masih mempertimbangkan posisi politik Ibu Mega sebagai salah satu kandidat presiden yang masih diperhitungkan," kata dia.

Meski mendapat poin tinggi untuk kategori "calon presiden yang mampu berdiri di atas semua kelompok atau golongan", secara total dengan kategori-kategori lain, Megawati berada di posisi tujuh. Di atas Megawati, berturut-turut dari nomor enam adalah Agus Martowardojo, Hidayat Nur Wahid, Sri Mulyani Indrawati, Dahlan Iskan, Jusuf Kalla dan Mahfud MD.

Survei ini dilakukan atas 223 opinion leader dari berbagai latar belakang seperti pebisnis, dosen, pemimpin media dan aktivis sosial. Di antara yang membuka identitas adalah mantan Ketua Muhammadiyah Syafii Maarif, Pemimpin Redaksi tvOne Karni Ilyas dan Dr. Mohtar Mas’oed (Guru Besar Fisipol UGM).

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?
VIVA Militer: Pasukan milisi Republik Ossetia Selatan

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

PBB memiliki anggota sekitar 193 negara. Namun, di luar jajaran negara-negara tersebut, terdapat setidaknya 9 negara yang belum mendapat pengakuan sebagai anggota PBB. 

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024