Harga Emas Kembali Melonjak

Perhiasan emas
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Harga emas naik lagi, setelah dua pekan terakhir bergerak mantap pada periode menjelang pemilihan presiden Amerika Serikat 2012. Hal itu terjadi, karena pelaku pasar memilih menempatkan investasi pada instrumen lain, sehingga memacu tingginya permintaan logam mulia.

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR

"Hasil pemilu AS membawa kejelasan tentang kebijakan moneter, sehingga sangat akomodatif untuk investasi emas," kata analis Barclays dalam risetnya seperti dikutip dari laman Wall Street Journal, Senin 12 November 2012.

Selain itu, paket kenaikan pajak AS dan pemotongan belanja pemerintah secara kolektif yang disebut "fiscal cliff," juga menyebabkan kekhawatiran investor pada pertumbuhan ekonomi AS. Kondisi itu dapat memicu tingginya permintaan emas sebagai aset alternatif yang lebih aman.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Pada Jumat lalu, emas untuk pengiriman November di divisi Comex New York Mercantile Exchange naik US$4,90 atau 0,3 persen di posisi US$1.730,30 per troy ounce. 

Level ini merupakan kenaikan sepekan sebesar 3,4 persen atau tertinggi sejak Januari lalu. Harga emas sempat merosot ke posisi terendah dalam dua bulan terakhir yang terjadi pada 2 November lalu.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Dari Tanah Air dilaporkan bahwa harga emas batangan di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk mencapai Rp586.200 per gram. Jika dibandingkan data pada salah satu perusahaan perdagangan emas yang bersertifikat Antam, harga tersebut naik hingga Rp40.200 dari level Rp545.500 per gram pada Jumat lalu.

Sementara itu, untuk emas ukuran 10 dan 50 gram, Antam menetapkan harga di level Rp5,52 juta dan Rp27,39 juta atau masing-masing sebesar Rp552.200 dan Rp547.900 per gram. (art)

Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Wakil Ketua Tim Pembela Hukum Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan menegaskan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 merupakan yang paling damai dan baik bukan pemilu paling buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024