Pesawat Tariku Ditemukan di Lereng Gunung Papua

Pesawat caravan PAC 750
Sumber :
  • Phantom kiwi/Wikipedia

VIVAnews - Pesawat milik Yayasan Tariku yang sempat hilang sejak Rabu, 3 Oktober 2012, akhirnya ditemukan. Pesawat jenis caravan PAC 750 dengan kode reg PK-RWT itu ditemukan di perbukitan Kampung Dagi Distrik Dekai, Papua, Kamis 4 Oktober 2012.

Kepala Bagian Operasi Polres Yahukimo AKP Abbas mengatakan, pesawat ditemukan dalam kondisi tidak parah tepat di lereng gunung. "Pesawat ditemukan di ketinggian 8000 kaki. Saat ini masyarakat sekitar berusaha menuju lokasi, guna mengevakuasi korban, " kata Abbas.

Rupiah Terperosok ke Rp 16.270 per Dolar AS

Manajer Maskapai Tariku, Robin Ratuntiga mengatakan, penemuan pesawat itu berdasarkan informasi dari pesawat milik MAF yang melintasi lokasi dan mendapat signal. "Pesawat MAF bahkan sempat menfoto kondisi pesawat dari udara menggunakan telepon seluler."

Kini, petugas sedang berusaha mengevakuasi penumpang dan pilot. "Kami berharap cuaca bersahabat, agar proses evakuasi bisa berlangsung."

Sementara itu, istri  Kristian Yus  pilot pesawat Tariku yang mengalami kecelakaan terlihat berada di Posko Kantor Tariku. Perempuan bernama Meike Bukanaung hadir bersama keluarga suaminya, dan berharap suaminya selamat.

Kepala Badan SAR Provinsi Papua Suyatno menyatakan, tim evakuasi saat ini sudah siap menuju lokasi, sambil menunggu cuaca baik. "Di Dekai ada 12 anggota SAR yang sudah siap ke lokasi, sementara 6 orang lainnya stand by di Wamena,"papar Suyatno.

Menurut dia, posisi pesawat berada di tebing gunung dengan titik koordinat 04325 selatan dan 13936 Timur. "Lokasi tidak jauh dari Dekai ibukota Yahukimo," terangnya.

Adapun pesawat yang digunakan untuk menuju lokasi 1 unit Heli mision, 1 helikopter Air Fast serta pesawat Tariku. (sj)

Lebih dari 92 Ribu NIK Warga DKI Bakal Dinonaktifkan Pekan Ini
Kang Dedi Mulyadi dan Syifa

Viral Kisah Pengantin Perempuan di Purwakarta Diberi Mahar Emas Palsu oleh Oknum Polisi

Baru-baru ini viral kisah pengantin perempuan yang diberi mahar emas palsu oleh sang suami. Video tersebut pertama kali diunggah oleh pemilik akun TikTok @syfdwf dan suda

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024