Robot Main Biola Meriahkan Pameran IIMS 2012

Humanoid dan Robina
Sumber :
  • Toyota

VIVAnews - Pameran mobil internasioan, 20th Indonesia International Motor Show tak cuma memamerkan mobil-mobil terkini. Pameran yang berlangsung di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, 20-30 September ini juga memamerkan teknologi-teknologi pendukung terkini, termasuk robot.

Toyota misalnya, memboyong Robina dan dan Humanoid, robot yang setia menemani anak-anak. Robot ini bisa bercerita dan main biola.

Anda pun bisa mendengarkan robot ini bercerita dan bermain musik bersama dengan mengunjungi booth Toyota di hall D. Namun, pastikan dulu jadwal manggung Robina dan Humanoid ini.

Berikut jadwalnya.

Senin-Kamis, 24-27 September
Pukul 13.00, 15.00, 16.15, dan 18.00.

Jumat, 28 September
Pukul 11.30, 14.00, 17.30, dan 20.15.

Sabtu, 29 September
Pukul 13.00, 15.00, 17.00, dan 19.00

Minggu, 30 September
Pukul 11.00, 13.45, 15.00, dan 18.00

Robina adalah robot partner yang dapat membantu manusia dalam aktivitas sehari-hari, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan manusia. Tak cuma menemani, Robina juga mampu menjalankan perawatan medis dan pekerjaan rumah.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

"Dengan teknologi kami, Robina mampu berfikir independen tanpa harus diperintah," kata General Manager Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor Widyawati Soedigdo pada ajang IIMS.

Robina akan ditemani Humanoid, robot yang bisa bermain biola. Humanoid menggunakan desain khusus sehingga mampu menggerakkan seluruh tubuh dengan sangat luwes dan dapat berjalan layaknya manusia.

Jari-jari dan pergelangan tangan juga didesain fleksibel dan dapat mengatur intensitas tekanan, sehingga Humanoid bisa memainkan biola. "Nantinya Humanoid akan membantu manusia dalam melakukan pekerjaan rumah maupun menjaga manusia," katanya.

Toyota mengembangkan Robina –robot beroda- sebagai pemandu pameran. Tugas pertamanya adalah memandu pengunjung Toyota Kaikan Exhibition Hall di Toyota City, mulai 27 Agusutus 2007.

Bergerak Bebas

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 

Karena memiliki roda, Robina bisa bergerak bebas menurut keinginannya sendiri. Dia juga bisa berbelok jika ada penghalang di depannya.

Jari-jari di kedua tangannya bisa disatukan untuk memegang pena dan membuat tanda tangan.  Toyota juga membuatnya agar bisa memahami beberapa gerak dan komunikasi verbal dari pengunjung.

Robina adalah buah dari program Toyota Partner Robots. Dengan mengaplikasikan keahlian Toyota di teknologi manufaktur dan kemampuannya menciptakan sesuatu yang baru, hadirlah robot-robot ini.

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania

Toyota Partner Robots bertugas membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari, seperti di rumah, di fasilitas kesehatan,  di pabrik  dan menjadi alat tranportasi personal untuk jarak pendek.

Robot setinggi 120 cm dengan berat 60 kg ini juga memiliki kemampuan untuk mengenali gambar, termasuk tanda pengenal (name tag) pengunjung. (ren)

Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024