Kemarau Panjang, Puluhan Kera Turun Gunung

Kera ekor panjang
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Puluhan monyet atau kera ekor panjang yang merupakan primata endemik di sekitar hutan Gunung Gede, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, turun gunung sepekan terakhir.

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Binatang liar ini mendatangi kawasan Segar Alam, Talaga Warna dan beberapa wilayah lain yang terdapat banyak warung tempat peristirahatan dan dekat dengan perkampungan penduduk.

“Binatang binatang ini turun karena makanan di atas gunung sudah mulai habis. Saat kondisi musim kemarau panjang seperti ini, buah-buahan seperti konyal dan berbagai pucuk daun makanan monyet kering dan tidak tumbuh. Ini yang membuat monyet-monyet turun untuk mencari makan,” kata Kepala Resor Badan Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Cianjur, Isis Isakandar, pada VIVAnews, Rabu 4 September 2012.

Perilaku monyet ini mulai mengkhawatirkan karena masyarakat merasa terganggu. Masyarakat yang mulai terganggu cenderung melakukan tindakan yang bisa melukai hingga membunuh monyet-monyet liar ini. Padahal populasi monyet ini makin sedikit di alam liar.

“Monyet monyet ini juga makin terbiasa dengan lingkungan manusia karena mereka sering diberi makan. Tanpa disadari, masyarakat juga telah memancing kawanan monyet liar ini untuk terus datang, padahal kami sudah memasang berbagai peringatan dan memberikan imbauan agar tidak memberi makanan pada hewan liar."

Niat baik memberi makan hewan liar justru akan berdampak buruk pada pola hidup dan habitat monyet. Mereka sebenarnya sudah punya sistem pertahanan hidup alami di hutan. Kalau pola hidup mereka berubah, monyet-monyet ini akan terus turun ke permukiman. “Kalau sudah begini, petugas seperti kami lagi yang disalahkan,” ujarnya.

Sementara itu, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Cianjur terus melakukan pemantauan atas fenomena ini. Walhi mengingatkan, hewan liar ini dilindungi undang-undang sehingga warga diharapkan tidak mengganggu.

Monyet monyet ini turun secara berkelompok dengan jumlah antara 5-10 ekor tiap kelompok. Setiap harinya tidak kurang dari lima kelompok monyet liar yang turun ke kawasan Segar Alam. Jumlah ini akan meningkat bila bila suplai makan di hutan terus berkurang akibat kemarau panjang dan rusaknya habitat hutan.

ilustrasi sholat/salat/shalat

Cara Sholat Hajat dan Doa Rasulullah SAW untuk Mengatasi Masalah

Manusia kerap dihadapkan dengan berbagai masalah dan ujian yang terasa berat. Dalam situasi ini, salah satu cara untuk memohon pertolongan Allah SWT dengan sholat hajat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024