504 Pesepakbola Berburu Medali Emas Olimpiade

Ryan Giggs usai membobol gawang Norwich City
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVAbola - Ajang Olimpiade 2012 akan bergulir dua pekan lagi. Lebih dari 10 ribu atlet dunia, termasuk 504 pesepakbola, siap mengharumkan negara masing-masing di London, Inggris, sepanjang 27 Juli hingga 12 Agustus mendatang.

Seperti dilansir situs resmi FIFA, Jumat 13 Juli 2012, jumlah peserta cabang olahraga secara resmi dikonfirmasi hari ini. Tercatat 288 pesepakbola putra dan 216 putri akan bertarung di lapangan hijau demi meraih medali emas di akhir kompetisi.

Skuad putra akan didominasi pemain U-23, dengan setiap tim boleh menyertakan maksimal tiga pemain senior. Pada Olimpiade XXX, winger Manchester United, Ryan Giggs yang menginjak 38 tahun, menjadi pesepakbola putra tertua yang mengikuti pesta olahraga empat tahunan ini.

Sedangkan di skuad putri, kiper Selandia Baru, Jenny Bindon sebagai pemain tertua. Wanita 39 tahun menjadi pesepakbola tertua kedua di sepanjang sejarah Olimpiade, setelah kiper Brasil, Meg yang tampil di Atalanta pada 1996 silam di usia lebih dari 40 tahun.

Berbeda dengan skuad putra, tidak ada pembatasan usia di skuad putri sehingga para pemain timnas senior boleh bergabung. Jepang, sebagai peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 berpeluang besar mempertahankan gelar. Terlebih, skuad Negeri Sakura juga menjuarai Piala Dunia Sepakbola Wanita di Jerman, pada 2011.

Sementara itu, tercatat 9 pemain yang berkesempatan kembali ke Olimpiade. Mereka adalah Maya Yoshida (Jepang), Ian Hogg dan Ryan Nelsen (Selandia Baru), Jung Sung-Ryong dan Ki Sung-Yueng (Korea Selatan), serta Park Chu-Young (China), yang semuanya turun sebagai starter.

Sedangkan yang menghiasi bangku cadangan empat tahun lalu adalah Kim Chang-Soo (Korsel). Lain halnya dengan kiper Meksiko, Jose Corona dan bek Jepang, Yuhei Tokunaga yang sebelumnya memperkuat timnas masing-masing di Olimpiade Athena 2004. (sj)

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016