Hidayat Dilarang Masuk Hutan Kota Srengseng

Kampanye Hidayat Nur Wahid
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Calon Gubernur DKI Jakarta, Hidayat Nur Wahid, dicegah anggota Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Provinsi DKI Jakarta saat akan mengunjungi hutan kota di Srengseng, Jakarta Barat, Kamis pagi, 5 Juli 2012. Aksi larangan ini sempat menyulut emosi pendukung calon nomor 4 itu.

Anggota Banwaslu bernama Lukman Husain, bersama rekannya menghadang rombongan Hidayat di pintu gerbang hutan kota Srengseng. Karena kejadian ini, cekcok mulut tidak bisa dihindari. Lukman bersikeras melarang Hidayat  masuk ke taman kota.

"Bapak tidak bisa menggunakan fasilitas pemerintah untuk kampanye. Ini punya pemerintah," ujar Lukman.

Hidayat kemudian dengan tenang mengklarifikasi bahwa kedatangannya ke hutan kota Srengseng bukan untuk kampanye. Melainkan untuk meninjau langsung kondisi hutan kota yang berlokasi di Jalan Haji Kelik Kembangan, Jakarta Barat.

"Kampanye itu jika sepasang calon hadir bersamaan dan menyampaikan visi misi. Ini saya datang sendirian, dan tidak untuk menyampaikan visi-misi," kata Hidayat.

Meskipun Hidayat sudah menjelaskan panjang lebar, Lukman  tetap tidak menghiraukan penjelasan mantan Ketua MPR RI itu. Sikap Lukman membuat sejumlah relawan Hidayat yang juga warga setempat emosi. Sempat akan terjadi baku hantam, beruntung ada polisi datang.

"Banwaslu harusnya netral. Tidak berhak melarang siapa pun untuk melakukan apa pun. Tugasnya hanya mengawasi," Kata Erwin, seorang warga Srengseng yang juga simpatisan Hidayat-Didik.

Polisi pun kemudian mengamankan Lukman yang tetap saja ngotot melarang Hidayat masuk, meskipun Lukman menunjukkan tanda pengenalnya sebagai anggota Banwaslu, semua pihak yang ada di situ meragukan lantaran tindakannya tersebut.

Hidayat sendiri sangat menyayangkan kejadian itu. Menurutnya, anggota Banwaslu itu berkoordinasi lebih dahulu dengan KPU maupun Panwaslu setempat. Harusnya ada komunikasi juga dengan panitia terkait untuk melihat kegiatan yang akan dilakukan di hutan kota.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Panwaslu Jakarta Barat, mereka mengizinkan. Karena saya ke sini sendirian, tidak didampingi Pak Didik. Saya ke sini juga bukan untuk menyampaikan visi misi saya," kata Hidayat.

Hidayat akhir bisa berkeliling hutan kota Srengseng bersama beberapa pengawalnya. Ia meninjau langsung lokasi tersebut cukup lama. Tidak ada aktivitas apa pun selain mengitari hutan tersebut. Selesai meninjau, Hidayat melanjutkan aktivitasnya ke Kalideres, Jakarta Barat, untuk melakukan kampanye. (umi)

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal 2 Bandara Soetta

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10

Kementerian Perhubungan, mendapatkan fakta terkait dengan pergerakan penumpang dalam periode angkutan mudik Lebaran 2024. Pemudik menumpuk di H-4, H-3 lebaran Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024