Honda Siapkan Mobil Hybrid Murah di Indonesia

Geneva Auto Show 2012
Sumber :
  • REUTERS/ Denis Balibouse

VIVAnews - Rencana pemerintah memberikan insentif kepada produsen otomotif yang membuat mobil hybrid, langsung mendapat respon positif dari Honda. Pabrikan terbesar di dunia ini menyatakan siap bermain di segmen tersebut.

"Kami sudah punya pengalaman dengan menghadirkan Civic hybrid waktu itu. Dari sana, kami sudah belajar apa saja kendalanya, cara menanganinya, dan bagaimana melatih mekanik untuk dibekali. Pada dasarnya hal itu sudah ada di dealer. Jadi Honda bukan pemain baru di sistem hybrid," kata Direktur Marketing and After Sales Service PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, Kamis 21 Juni 2012.

Menurut Jonfis, yang masih menjadi pertanyaan para produsen mobil adalah kesiapan pemerintah mematangkan dan merealisasikan insentif mobil hybrid.

"Kalau pemerintah siap kita sudah punya alatnya, sudah membekali pengetahuan ke mekanik di seluruh Indonesia, tentunya kami akan dengan mudah bisa menyiapkan line-up kendaraan hybrid," dia menambahkan.
 
Meski pasar otomotif Indonesia terbesar di ASEAN, dari segi teknologinya masih kalah jauh dibandingkan negara lainya seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura.

"Sistem hybrid yang dikenalkan pada tahun 1999 di Amerika dapat berjalan mulus karena dukungan pemerintah dengan melakukan intensif pada perusahan otomotif. Saya pikir ini awal yang baik," kata dia.

Sedangkan soal program mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost and +Green Car (LCGC)), Honda mengaku tengah melakukan negosiasi dengan pemerintah.

"Kami terus mengembangkan. Apalagi kami baru  membangun pabrik yang memiliki kapasitas cukup banyak. Jadi kalau memang peraturanya sudah ditetapkan kita bisa," kata Jonfis.

Namun, ketika ditanya harga dan tipe mobil apa yang akan ditawarkan Honda, dirinya menolak untuk membeberkan. (np)

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka
Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024