"10 Capres Hasil Survei, Bukan Pilihan SBY"

Pelantikan KSAD Jenderal Pramono Edhie Wibowo
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/ Abror Rizki

VIVAnews - Media massa memberitakan pernyataan TB Silalahi, Ketua Komisi Pengawas dan Sekretaris Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat, bahwa saat ini terdapat 10 nama bakal calon presiden yang sedang digodok oleh Partai Demokrat. Salah satunya adalah first lady, Ani Yudhoyono.

Sekretaris Departemen HAM DPP Partai Demokrat, Rachland Nashidik, menjelaskan, 10 nama dimaksud sebenarnya adalah hasil survei untuk mengetahui figur-figur pemimpin yang paling dikenal publik berikut tingkat popularitas dan elektabilitas masing-masing. Survei dimaksud memang dari waktu ke waktu menjadi masukan bagi pengetahuan Majelis Pimpinan Tertinggi Partai yang diketuai Presiden SBY.

"Namun hal tersebut tidak seketika mewakili pendapat majelis tentang siapa bakal capres 2014 yang akan diunggulkan Demokrat, apalagi mewakili preferensi politik Presiden SBY," kata Rachland ke VIVAnews, Senin 28 Mei 2012.

Rachland menjelaskan, perlu sekali lagi digarisbawahi, Presiden secara konsisten memiliki sikap bahwa tidak ada anggota keluarganya yang diizinkan menjadi calon presiden 2014 sekalipun diminta atau diperjuangkan oleh Partai Demokrat. Presiden dan keluarga berkeyakinan, Indonesia tidak kekurangan figur-figur pemimpin bangsa yang cakap untuk dicalonkan oleh Demokrat sebagai Presiden selanjutnya.

"Seusai pengabdiannya berakhir pada 2014 nanti, Presiden dan keluarga memilih beristirahat dari tugas-tugas publik. Sikap tersebut diambil oleh Presiden dengan maksud memberi teladan berdemokrasi secara konsekuen, bukan saja kepada rakyat Indonesia secara umum, namun juga kepada partai dan keluarganya sendiri," kata Rachland.

Dan Rachland mengingatkan, adalah kewajiban setiap kader Demokrat untuk menghormati dan melaksanakan keputusan Presiden dan keluarga. "Para kader perlu menghentikan pernyataan yang kontraproduktif, menimbulkan kesan keliru mengenai dinasti politik, sebab hal itu justru menyalahi prinsip yang diyakini Presiden untuk memajukan demokrasi kita," kata Rachland.

Dari 10 nama tersebut, lima nama berasal dari internal Demokrat dan lima nama dari luar partai. Dari internal Demokrat, ada Ani Yudhoyono, Anas Urbaningrum, Marzuki Alie, Andi Mallarangeng, dan Syarif Hasan.

Sementara kandidat dari luar partai, adalah Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa. (umi)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024