x
x

Share This Story

Komplotan Penembak Wartawan TVRI Ditangkap

Eko Huda S, Siti Ruqoyah Rabu, 23 Mei 2012, 18:59 WIB

VIVAnews - Kepolisian Daerah Metro Jaya menangkap komplotan penembak wartawan TVRI, Djuli Elfano. Komplotan ini menembak Djuli karena ingin merampas sepeda motor pada 17 Maret 2012 lalu.

Kepala Subdit Tanah dan Bagunan, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Herry Heryawan, mengatakan ada empat anggota komplotan itu yang ditangkap. Mereka adalah R, A, I dan S.
"Kami sudah melakukan penyelidikan. Kami sudah mengetahui nama pelaku penembakan yang lain," kata Herry di Jakarta, Rabu 23 Mei 2012.

Keempat orang itu ditangkap pada 6 Mei 2012. R, A, dan I ditangkap di Sawangan, Depok, Jawa Barat. Sementara S ditangkap di Sukabumi.

Menurut Herry, awalnya para penyidik mencari motif penembakan Djuli. Penyidik mulanya mengira para penembak dan Djuli saling kenal. Sehingga ada motif balas dendam dalam kasus ini.

Tetapi, lanjut Herry, setelah melakukan pendalaman, ternyata para penyidik menemukan fakta bahwa pelaku penembakan ini murni ingin mengambil sepeda motor Djuli yang diparkir di depan rumah.

Herry menambahkan, komplotan ini merupakan kelompok Lampung yang setiap aksinya menggunakan senjata api. Senpi itu digunakan untuk berjaga-jaga jika ada massa yang menghalangi aksinya. Setidaknya, komplotan ini telah beraksi sebanyak 60 kali. "Kelompok ini juga yang menembak satpam hingga tewas di depan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan beberapa waktu lalu," kata Herry.

Berdasarkan keterangan pelaku, tambah Herry, mereka sering melakukan aksinya dengan bergantian peran. Ada yang berperan sebagai eksekutor dan pengendara sepeda motor.

Selain itu, diketahui tiga dari empat pelaku yang ditangkap ini merupakan residivis kasus yang sama. Herry juga menceritakan, para pelaku ini masih melakukan aksi pencurian menjelang penangkapan. "Daerah sasaran kelompok ini yakni Jakarta," ujar Herry.

© VIVA.co.id

BERITA TERPOPULER