Perubahan New Honda City, Apa Menariknya?

New Honda City
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Setelah lebih dulu dirilis di Australia. Honda akhirnya meluncurkan New City di Indonesia. Mobil yang memegang tahta sebagai mini sedan paling laris di Tanah Air itu mengalami beberapa perubahan yang lebih mewah, stylish, dan sporty.

Lalu apa saja perubahan yang ada di New City ketimbang generasi sebelumnya?

Perubahan pertama, di bagian Front Grill yang kini berdesain Full Chrome. Sementara di bumper depan dirancang dengan desain baru yang lebih tegas. Beralih ke belakang, New Stop Lamp yang tajam memberikan kesan eksklusif sekaligus meningkatkan keamanan saat berkendara di malam hari. 

Desain bumper belakang yang baru kini dilengkapi Reflector. Semua tampilan baru di sisi depan dan belakang diimbangi dengan Alloy Whell 16 inchi yang sporty.

Menariknya, kabin New City dirancang dengan kapasitas terlapang di kelasnya. Bangku belakang dapat dilipat, sehingga memudahkan untuk menyimpan barang-barang.

Tingkat kemewahan juga dapat dirasakan dengan balutan New Central Panel Color, Knob Central Panel, dan Ventilation Adjuster berdesain Chrome. Adanya New Side Door Lining dengan desain New Sporty Fabric Patten menambah aura sporty.

Fitur baru lainnya adalah Map Ligt, Door Lock Switch yang dilengkapi Auto Door by Speef, dan Power Retractable Door Mirror. Ditambah Audio System Double Din baru yang dapat memutar CD, MP3/WNA, atau USB Port dan Ipod. Tak ketinggalan warna baru Cluster yang lebih futuristik dan modern.

Kenyamanan dan kemewahan semakin lengkap dengan fitur keselamatan serta keamanan yang mumpuni. Mulai dari pengereman ABS (Antilock Braking System), EDB (Electronic Brake force Distribution), Neck Shock Mitigation Seaat, sabuk pengaman dengan prestensioner with Double Load Limiter, Dual SRS Airbags, dan struktur bodi G-CON + teknologi Advanced Compactibility Engineering (ACE).

New City dirancang dengan struktur pedestrian safety body untuk meminimalkan cedera pejalan kaki jika terjadi tabrakan. Fitur keamanan lainnya pada New City adalam Immobilizer Anti-Theft System dan Security Alarm.

Tapi sayangnya, perubahan tidak menjalar ke sektor dapur pacunya, New City tetap mengandalkan mesin 1.5 liter i-VTEC empat silinder yang merupakan performa mesin VTEC, Torque Boost Resonator dan Drive By Wire untuk kombinasi sempurna antara efisiensi bahan bakar dan tenaga yang besar. Mesin itu dapat menyemburkan tenaga 120 PS pada 6.600 rmp dan 14,8 kg.m dengan torsi pada 4.800 rpm.

Mobil ini mengusung dipersenjatai transmisi otomatis 5-percepatan yang merupakan pertama dikelasnya. Fitur Paddle Shift pada transmisi otomatis memungkinkan pengemudi melakukan perpindahan gigi secara manual hanya dengan menekan tuas pada roda kemudi.

Mesin New Honda City memiliki tingkat emisi ramah lingkungan dengan standarisasi EURO-4 dan fitur ECO mode untuk membantu pengemudi mencapai gaya berkendara yang hemat BBM.

New Honda City tersedia 5 pilihan warna dan terdapat 2 warna baru, yaitu New Brownish Sparkle Metallic dan Briliant White Pearl untuk melengkapi warna sebelumnya yaitu Alabaster Sliver Metallic, Polished Metal Metallic, dan Crystal Black Pearl.

New Honda City tipe S dipasarkan dengan harga Rp262 juta untuk transmisi manual dan Rp277 juta untuk transmisi otomatis. Sedangkan tipe E dibanderol Rp271 juta untuk tranmisi manual dan Rp286 juta untuk transmisi otomatis (harga OTR Jakarta).

"Meski pasar sedan terus menurun kami yakin City bakal tetap mendapatkan respon positif di pasar. Kami targetkan penjualan New City  2.400 unit untuk tahun 2012. Hingga kini sudah ada 100 pemesan," kata Jonfis Fandy, Marketing dan After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM)  di Jakarta, Rabu 23 Mei 2012.

Di kelas mini sedan, New City akan bertarung dengan Toyota Vios.
Pada tahun lalu, Honda City berhasil terjual 1.363 unit, adapun total penjualan seluruh sedan Honda sebanyak 7.000 unit. Sedangkan total penjualan pasar sedan tanah air sebanyak 24.000 unit. "Selain New City kami juga akan meluncurkan New Civic dan Accord," kata dia.

Menurut Jonfis, sepinya peminat sedan disebabkan harga mobil ini menjadi mahal di Indonesia, lantaran Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) lebih mahal ketimbang mobil lainnya seperti SUV (Sport Utility Vehicle) dan hatchback. Peraturan pemerintah soal PPnBM berdasarkan pada body style dan kapasitas mesin.

Seperti diketahui, dalam dua tahun terakhir penjualan mobil sedan di Indonesia turun hingga 20 persen. Berdasarkan data dari lembaga riset dan analisis internasional Frost & Sullivan, pada 2010 penjualan mobil sedan mencapai 33.128 unit. Sementara itu, pada 2011, angka itu turun 19,4 persen menjadi 26.712 unit.

Bakal Stop Beroperasi di Medan, SPBU Shell: Terima Kasih Buat Semua Pelanggan Setia Kami
VIVA Militer: Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

Menteri Keamanan Israel, Itamar Ben-Gvir mengatakan bahwa menerapkan hukuman mati kepada tahanan Palestina adalah solusi tepat untuk mengatasi masalah kepadatan penjara.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024