Basarnas: Kondisi Pesawat Sukhoi Hancur

Sukhoi Superjet 100 Dilengkapi Perangkat Canggih
Sumber :
  • aerospace-technology.com

VIVAnews – Deputi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Mayjen TNI Hadi L menyatakan, pesawat jatuh dari ketinggian sekitar 5.200-6.000 kaki.

“Posisinya di puncak Gunung Salak. Kalau dari jauh melalui udara, pesawat kelihatan utuh, padahal sudah hancur,” ujar Hadi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis 10 Mei 2012. Titik jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 itu ada di lereng Kawah Ratu, Gunung Salak, Kabupaten Bogor.

Hadi mengatakan, Basarnas belum menerima laporan mengenai korban jiwa hingga saat ini. “Kami belum tahu apa masih ada yang hidup. Kalau jatuh dari ketinggian 6.000 kaki, Saudara tahu kan seperti apa? Ya mudah-mudahan masih ada yang selamat,” kata dia.

Hadi mengakui medan tempat jatuhnya pesawat begitu sulit ditempuh melalui darat sehingga pemantauan dari udara masih terus diupayakan.

Kepala Basarnas Marsekal Madya Daryatmo dalam konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma memperlihatkan gambar serpihan pesawat di lereng Gunung Salak.

Sebut MK Bisa Anulir Hasil Pilpres 2024, Guru Besar IPDN Beberkan Alasannya

“Serpihan-serpihan ini di tebing 5.800 kaki dari permukaan laut. Kalau saya lihat di gambar ini, kondisi pesawat crash, ada impact yang besar,” ujar Daryatmo.

Menurutnya, tim Basarnas sulit melakukan evakuasi karena posisi pesawat berada di lereng. “Helikopter Superpuma dan tim darat sedang menuju ke sana, di Kampung Batu Tapak,” terang Daryatmo. Ia menambahkan, jarak sebetulnya tidak jauh, namun medannya berat. (eh)

Test drive Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Dikirim ke Konsumen

PT Suzuki Indomobil Sales menepati janjinya, untuk menghadirkan Jimny 5-door kepada para pecinta otomotif Indonesia. Sejak diluncurkan pada bulan Februari 2024, SIS telah

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024