Anggota DPR Bersenjata Tak Perlu Izin Fraksi

ilustrasi senjata api
Sumber :
  • REUTERS/ Joshua Lott

VIVAnews – Anggota Komisi Hukum DPR Ahmad Yani menyatakan, kepemilikan senjata api oleh anggota DPR bersifat personal sehingga tidak memerlukan izin dari fraksi. Terlebih, kewenangan untuk memberikan izin senjata api tersebut bukan berada di tangan fraksi, tapi kepolisian.

“Jadi tidak harus lapor ke fraksi. Ada juga kan anggota DPR yang punya senjata api sebelum dia menjadi legislator. Dia misalnya sudah pegang senjata sejak masih menjadi Gubernur atau Bupati,” kata Yani saat dihubungi VIVAnews di Jakarta, Senin 7 Mei 2012.

Politisi PPP itu menyatakan, sebetulnya persyaratan memiliki senjata api sangat ketat dan perlu proses panjang yang diatur dalam undang-undang. “Harus lulus tes psikologi, izin pun harus diperbarui tiap enam bulan sekali. Kalau tidak diperbarui, maka izin akan dicabut,” ujar Yani.

Terakhir, kata dia, pemilik senjata api juga harus menjadi anggota Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin). Bahkan ketatnya persyaratan kepemilikan senjata api itu, menurut Yani, membuat tidak semua anggota Komisi Hukum DPR bisa memiliki senjata api.

Yani sendiri memegang senjata api untuk keperluan olahraga, bukan untuk melindungi diri. “Saya mengantongi izin untuk latihan olahraga menembak. Saya sudah sejak kecil ikut olahraga menembak. Ini izinnya beda lagi,” kata dia.

Secara pribadi, Yani tidak mempersoalkan kepemilikan senjata api oleh warga sipil, termasuk anggota DPR, selama perizinannya sah secara hukum. “Kepemilikan senpi itu dimungkinkan, baik oleh sipil maupun pejabat. Yang jadi masalah jika senpi itu ilegal atau digunakan tidak pada tempatnya,” tegas dia.

Yani menambahkan, anggota DPR sebetulnya tidak perlu memegang senjata kecuali untuk keperluan olahraga. “Kalau untuk melindungi diri, itu cukup kepada Tuhan,” ujarnya.

Di sisi lain, Yani menyoroti sejumlah orang yang mempunyai dan menyimpan senjata api padahal perizinannya telah mati. “Lawyer banyak yang seperti ini. Ini yang harus ditindaklanjuti,” kata dia tanpa menyebut siapa yang ia maksud. (eh)

Meski Dilarang AS dan Barat, Israel 'Keukeuh' Akan Tetap Kembali Serang Iran
Ilustrasi Matahari

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Sebagian besar negara di dunia mengalami siklus siang dan malam, tetapi ada negara-negara di mana fenomena matahari tengah malam terjadi, yang artinya matahari terus ada

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024