VIDEO: Bus PO Yanti Terbakar, 13 Tewas

Bus Trans Jakarta Terbakar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Bus PO Yanti jurusan Dumai-Solok terbakar di kawasan Kelok Sembilan, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Tragedi itu, yang berlangsung Selasa, 1 Mei 2012, menambah panjang daftar kecelakaan bus yang terjadi di tanah air.

Bus PO Yanti ketika itu mengangkut 48 penumpang. Malang, 13 penumpang di tewas terbakar. Semua jenazah menumpuk di pintu belakang. Diduga kuat sebagian besar penumpang tengah terlelap saat bus mulai terbakar, sehingga mereka tak sadar dan terlambat menyelamatkan diri.

Salah seorang penumpang sempat merekam video amatir saat bus PO Yanti mulai terbakar. Bus sendiri terbakar karena korsleting. Video ini juga merekam proses evakuasi saat api di bus yang berkobar-kobar berhasil dipadamkan. Lihat video amatir itu di sini.

Kapolres Kabupaten Limapuluh Koto Ajun Komisaris Besar Partomo Iriananto mengatakan, bus bernomor polisi DA 3653 L itu terbakar di kilometer 30 Payakumbuh sekitar pukul 04.00 WIB. Tidak ada yang tahu darimana datangnya api. Tapi ketika bus sedang melaju, tiba-tiba sopir yang bernama Yandri melihat ada api di bawah pintu depan bus.

Sang sopir lalu menghentikan bus itu. Ia mencoba memadamkan api, tapi gagal. Api malah membesar dan kian ganas membara. Saat api membesar, sopir dan kernet menyelamatkan diri dengan melompat dari pintu depan.

Penumpang yang panik berusaha keluar lewat pintu belakang. Namun nahas, pintu belakang bus rusak. Belum lagi laju penumpang untuk menyelamatkan diri terhambat barang-barang yang ada di bagian belakang bus. Akibatnya 13 penumpang terjebak dan terbakar. Sopir bus kini menjadi tersangka. (umi)

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

KPU menolak menanggapi tudingan dari kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud soal nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024