Konflik Syiah-Sunni, Tim DPRD Jatim ke Madura

pembakaran pesantren di madura
Sumber :
  • ANTARA/Saiful Bahri

VIVAnews - Guna menghentikan konflik Syiah dan Sunni yang berujung pembakaran pondok pesantrean di Sampang, Madura, DPRD Jawa Timur membentuk tim khusus.

"Tim akan segera kami bentuk untuk menangani proses penyelesaian konflik. Anggotanya bisa dari lintas fraksi," kata Ketua DPRD Jatim. Imam Sunardhi Jumat, 30 Desember 2011.

Tim beranggotakan 10 sampai 15 anggota fraksi, atau minimal satu komisi. "Kami utamakan anggota yang berasal dari daerah pemilihan Madura. Dan, kasus ini harus segera diselesaikan, agar tidak meluas," lanjutnya.

Seperti diberitakan, Konflik kedua kelompok Islam berbeda aliran pemahaman ini bermula dari konflik pribadi antara pimpinan Islam Syiah Tajul Muluk dengan pimpinan kelompok Islam Sunni KH Rois yang berebut santri.

Dari konflik kedua tokoh ini, tersiar kabar di kalangan pengikut Islam Sunni bahwa kelompok Islam Syiah adalah kelompok Islam yang menyebarkan ajaran sesat, hingga akhirnya memicu emosi pengikut Sunni di wilayah itu.

Puncaknya, ratusan pengikut Sunni menyerbu kediaman pimpinan Islam Syiah di Desa Karang Gayam. Mereka membakar madrasah, mushala dan rumah pimpinan Syi'ah. Lebih dari 225 orang warga Syi'ah dievakuasi ke kantor Kecamatan Ombem, dan karena kapasitas kantor kecamatan tidak memadai kemudian pada pukul 23.30 WIB, semalam dipindah ke GOR Wijata Kusuma depan kantor Bupati Sampang.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengatakan, konflik dua kelompok yang berujung pada pembakaran kompleks pesantren Islam Syiah, Nangkernang, Sampang, sejatinya berawal dari masalah keluarga, dan sudah berlangsung lama.

Pihaknya mengaku, bersama Majelis Ulama Indonesia dan Pemerintah Sampang, sudah berusaha mendamaikan kedua kelompok tersebut. "Dulu sudah kami lakukan pendekatan. Itu kakak beradik terlibat konflik tak kunjung terselesaikan. Hingga akhirnya merembet ke persoalan agama," kata Soekarwo. (Laporan Tudji Martudji, Surabaya|np)

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia
Ilustrasi penis.

Posisi Penis Saat Pakai Celana, Harusnya Menghadap ke Atas atau ke Bawah?

Ketika penis sedang mengeras, idealnya penis akan terangkat menghadap ke atas dan ukurannya pun semakin memanjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024