Renang Indah (Synchronized Swimming)

Logo SEA Games 2011
Sumber :
  • SEAG 2011

Mardiono Hadiri Halal Bihalal Golkar, Sinyal Gabung Koalisi Pemerintah?

Synchronized Swimming atau Renang Indah bisa dikatakan semacam hibrida (turunan) dari olahraga senam, dansa dan kelenturan yang menampilkan gerakan sinkron antara musik dan para atletnya. Karena olahraga ini dilakukan di atas air, maka yang membuat renang indah menarik adalah bagaimana cabang ini memerlukan keahlian berenang dipadukan dengan kekuatan, ketahanan, fleksibilitas, seni, keanggunan serta ketepatan sebagaimana mengontrol pernapasan saat menyelam naik turun ke dalam air.

Olahraga ini bisa dilakukan dengan solo, duet, trio dan berkelompok. Awalnya renang indah disebut juga dengan balet air (water ballet) yang kemudian pada perkembangannya dijuluki dengan synchronized swimming. Komite Olimpiade Internasional serta beberapa kompetisi dunia hanya memperbolehkan wanita untuk mengikuti kompetisi renang indah, akan tetapi kompetisi nasional maupun internasional lainnya memperbolehkan kaum pria untuk mengikutinya semisal SEA Games XXVI 2011.

Pastikan Gelar Bundesliga, Xabi Alonso Ingin Bawa Bayer Leverkusen Raih Treble Winner

Nomor yang Dilombakan:

Renang indah memiliki 2 cabang pertandingan, figure (sikap dasar) dan technical routine yang masing-masing dibawakan dalam batasan waktu. Cabang figure mempertandingkan kesempurnaan gerakan secara teknis dan tidak menggunakan musik. Sebaliknya, cabang technical routine menggunakan musik.

Motoris Pertamina Sudah Layani 37 Panggilan Kendaraan Pemudik Habis BBM di Tol

Gerakan renang yang dilakukan atlet harus berdasarkan urutan yang sudah ditetapkan sebelumnya, termasuk di antaranya: boost, rocket, thrust, dan twirl. Cabang figure dan technical routine masing-masing bisa dipertandingkan secara tunggal, duet, atau beregu dengan masing-masing regu terdiri dari 8 perenang. Dalam setiap pertandingan figure maupun technical routine, atlet diminta melakukan 2 set gerakan, technical routine (TR) dan free routine (FR).

Jadwal

Di SEA Games XXVI 2011, Renang Indah menyediakan 5 medali emas. Cabor ini dipertandingkan pada 17-20 November 2011 di Jakabaring Sports City, Palembang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya