Inilah Mobil-mobil Masa Depan

Toyota Prius Plug-in 2012
Sumber :
  • caranddriver.com

VIVAnews - Para produsen mobil di ajang Frankfurt Motor Show 2011, berlomba-lomba untuk memamerkan kendaraan berteknologi mutakhir. Dari sekian banyak model dan teknologi yang dipamerkan, mobil dengan teknologi hybrid paling banyak menyita perhatian.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Pameran mobil terbesar di dunia itu menyajikan konsep mobil masa depan karya pabrikan mobil ternama, seperti Mercedez, Volkswagen, BMW,Audi, Toyota, Renault, dan Lexus.

Ada 89 model baru yang diperkenalkan di pameran tersebut, 45 di antaranya dari perusahaan automotif asal Jerman. Favorit pada pameran kali ini adalah kendaraan jenis hybrid, elektrik, dan fuel cell.

Jaguar misalnya, menampilkan Jaguar C-X16 Concept hybrid. Jet darat yang mengusung mesin 3.0-liter 375-bhp superchargedV-6 ini disebut sebagai mobil hybrid masa depan.

Meski digerakkan dengan baterai litium ion 1.6-kWh yang dipasang di belakang jok pengemudi, namun mobil ini diklaim mampu melesat cepat. Kecepatan 100 kilometer per jam diklaim mampu tercapai hanya dalam waktu 5 detik.

Jagoan Jerman lainnya adalah Mercedes Benz E220 BlueTec hybrid. Mobil yang dikembangkan dengan menggandeng Brabus ini mengusung mesin diesel yang disokong oleh Brabus PowerXtra DE (V).

Mobil ini didesain agar menghasilkan emisi gas buang nol. Akselerasi mobil ini dari kecepatan 60 km per jam hingga mencapai 120 km per jam diklaim hanya membutuhkan 5,6 detik.

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Sementara Audi memamerkan sedan luxury Audi S8 dan A8 hybrid. Produsen Prancis Peugeot tak mau kalah. Peugeot 3008 HYbrid4 Crossover menebar pesona di pameran kali ini. Tak hanya itu, Peugeot juga menampilkan 508 RXH Wagon dengan teknologi diesel hybrid seiring dengan meningkatnya minat konsumen Eropa terhadap mobil MPV premium.

Satu-satunya produsen Jepang yang paling agresif adalah Toyota. Menampilkan Prius+ (Prius Plus) dengan kapasitas tujuh penumpang, yang mampu menempuh jarak 23 kilometer dengan tenaga elektrik.

Toyota agaknya menantang dominasi brand Eropa. Mobil ini tampil perdana dengan mengusung teknologi hybrid synegy drive. Selain Prius+, Toyota juga memboyong Prius Plug-in Hybrid yang sudah diproduksi secara massal.

Sementara Lexus memamerkan Lexus GS450h Hybrid edisi 2012. Sedan bongsor ini mengusung teknologi full hybrid, yang didukung oleh dua buah motor hybrid dan mesin Atkinson Cycle V-6. Pameran yang juga memiliki nama Internationale Automobil- Ausstellung (IAA) tersebut diikuti oleh peserta dari 32 negara.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

“IAA kali ini akan menjadi pameran yang sangat berpengaruh,” kata Presiden VDA, Matthias Wissmann, seperti dilansir Autoevolution, Sabtu 24 September 2011.

Menurut Matthias, krisis utang di kawasan Eropa dan kekhawatiran akan terulangnya resesi sedang membayangi, tapi para produsen tak ambil pusing. "Mereka akan tetap menampilkan produk-produk menawan yang menjadi kendaraan masa depan," ujarnya.

Ilustrasi konser musik.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Komika Amerika Serikat (AS) Arj Barker memancing kontroversi setelah aksinya mengusir seorang ibu yang sedang menyusui bayinya di tengah pertunjukan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024