Dalang Ki Timbul Wafat, Dimakamkan Siang Ini

Bunga duka cita
Sumber :
  • www.iklanmax.com

VIVAnews - Indonesia kembali kehilangan salah satu seniman senior Indonesia, Ki Timbul Hadiprayitno atau Mas Rio Cermo Menggala.

Ki Timbul yang dikenal sebagai dalang wayang kulit Gagrag Ngayogyakarta meninggal dunia pada hari Selasa, 10 Mei 2011 pada pukul 01.25 WIB di kediamannya, di Dusun Panjangjiwo, Desa Patalan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Beliau meninggal karena sakit tua," kata Agus Wiyarto, kerabat dekat almarhum Ki Timbul Hadiprayitno, Selasa 10 Mei 2011.

Agus mengatakan, sebelum menghadap sang Ilahi, dalang yang setia dengan dalang  klasiknya itu  keluar masuk rumah sakit selama tiga bulan. Namun menjelang dipanggil Yang Maha Esa, almarhum memilih untuk dirawat di kediamannya. "Saat kembali ke Sang Pencipta, beliau didampingi seluruh keluarga besarnya," jelasnya.

Almarhum Ki Timbul kata Agus merupakan sosok yang sangat dekat dengan almarhum Mbah Maridjan dan  almarhum Gus Dur yang sama-sama cinta terhadap wayang kulit.

Agus Wiyarto yang juga pecinta kesenian wayang dan salah satu pelestari kesenian pewayangan di Yogyakarta ini menyatakan, almarhum Ki Timbul akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Dusun Panjangjiwo, Desa Patalan, Kecamatan JetisN Kabupaten Bantul DIY Pada pukul 14.00 WIB.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

"Kita sangat kehilangan sosok seniman besar di Indonesia. Semoga cita-citanya dapat diteruskan dan dilestarikan oleh generasi bangsa kita," ujarnya. (Laporan: Juna Sanbawa, Yogyakarta | umi)

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024