Juwono: Separatisme Bukan untuk Merdeka

VIVAnews - Pemerintah pusat mengharapkan agar para kepala daerah ikut andil dalam menangani kasus-kasus separatisme. Para kepala daerah diminta untuk lebih melakukan pendekatan persuasif kepada para pelaku separatisme.

"Mereka menaikkan (bendera) bintang kejora di Papua itu bukan untuk merdeka, tapi ingin diperhatikan lebih saja oleh pemerintah," ujar Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono di Ary Suta Center, Jakarta Selatan, Rabu 14 Januari 2009.

Juwono melanjutkan, aksi separatisme itu disebabkan adanya keinginan para pelaku untuk lebih dihargai oleh pemerintah pusat. Maka itu, Juwono melanjutkan, campur tangan pemerintah daerah sangat diharapkan untuk meredam aksi-aksi itu. "Disinilah kepemimpinan lokal sangat penting," ujar Juwono.

Pengibaran bendera Bintang Kejora di Papua kerap terjadi ketika peringatan ulang tahun Organisasi Papua Merdeka. Bendera Bintang Kejora juga sempat berkibar di Lembaga Pemasyarakatan Abepura.

Bahkan, bendera itu juga pernah berkibar di makam tokoh Organisasi Papua Merdeka, Theys Eluay di Kabupaten Sentani, Senin 1 Desember 2008. Pada saat peringatan hari ulang tahun itu dihadiri 2.000 sampai 3.000 orang.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024