KUA Jatiasih: Pernikahan Umar dan Icha Ilegal

Icha, Istri berkelamin pria
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Kantor Urusan Agama (KUA) Jatiasih, Bekasi, menyatakan pernikahan Muhammad Umar dengan Fransisca Anastasya alias Rahmat Sulistyo ilegal. Sebab, surat nikah Umar dan Icha --sapaan Fransisca Anastasya-- palsu.

"Kami sudah memeriksa foto kopi buku nikahnya ternyata palsu," kata Kepala KUA Jatiasih, Sumroni, saat berbincang dengan VIVAnews.com, Senin malam, 4 April 2011.

Menurut Sumroni, setelah dicocokkan dengan nomor register buku nikah, nomor yang tertera dalam buku nikah Umar dan Icha telah dipakai orang lain. "Kami melihat, tanggal pernikahannya pada 19 September 2010. Setelah dicocokkan, ternyata yang terdaftar atas nama Didin Syamsudin dan Muthaharah," kata dia.

Dia menambahkan, KUA Jatiasih telah melakukan pemeriksaan terhadap kemungkinan adanya oknum pegawai KUA yang membuat buku nikah palsu tersebut. Hasilnya, tidak ada yang mengeluarkan buku tersebut. "Jadi, ya benar-benar palsu," katanya.

"Kami telah mengecek dengan jumlah buku nikah yang terdaftar, berapa yang terpakai dan berapa yang belum terpakai. Hasilnya masih cocok, tak ada yang keluar secara ilegal," tutur Sumroni.

Sumroni menambahkan, pernikahan Umar dan Icha dilakukan tanpa sepengetahuan petugas KUA Jatiasih. KUA, kata dia, juga tidak pernah memerintahkan penghulu untuk menikahkan mereka berdua. "Saya sebagai ketua KUA tidak pernah memerintahkan penghulu untuk menikahkan mereka berdua," kata dia.

Lantas, bagaimana dengan status pernikahan Umar dan Icha? "Ya tidak sah. Ilegal," kata dia.

Menurut Sumroni, KUA Jatiasih tidak akan melakukan pembatalan pernikahan mereka berdua. karena, pernikahan Umar dan Icha memang tidak sah menurut hukum di Indonesia. "Kami tidak perlu melakukan proses perceraian keduanya, karena memang tidak sah pernikahan itu," kata dia.

Umar dan Icha telah menjalani pernikahan selama enam bulan. Belakangan, Icha yang menjadi istri Umar diketahui berjenis kelamin laki-laki.

Saat beraksi, Rahmat memakai kedok jilbab dan pakaian tertutup. Selama enam bulan menikah, Icha bersedia melakukan hubungan bak suami-istri dengan dua syarat: lampu harus dimatikan dan hanya boleh berhubungan intim dengan posisi dari belakang atau anal. (art)

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi
Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024