Beri Dukungan, Paman Sumiati Dibawa ke Arab

Kekerasan
Sumber :

VIVAnews - Kementerian Luar Negeri akan membantu keluarga Sumiati untuk datang ke Arab Saudi agar dapat memberikan dukungan moril terhadap Sumiati, yang telah mendapat perlakukan sadis dari majikannya.
 
Petugas dari Kemenlu di Mataran, telah menjemput Zulkarnaen, paman Sumiati untuk diantar ke Arab Saudi melihat langsung kondisi wanita berusia 23 tahun itu.

"Sekarang sudah ada di Jakarta, rencananya besok akan segera berangkat ke Arab Saudi," ujar Juru Bicara Departemen Luar Negeri, Michael Tene, saat dihubungi VIVAnews, Rabu 17 November 2010.

Lyodra Bahagia dan Tak Menyangka Isi Soundtrack Film Ipar Adalah Maut

Sumiati kini ditangani tim medis Indonesia yang ada di Arab Saudi. Kondisinya sudah membaik, bahkan ia sudah bisa makan nasi dan minta dibawakan mangga, buah kesukaannya.

Ditambahkan Michael, saat ini yang pertama dilakukan adalah memastikan kondisi Sumiati tetap baik. Kedua adalah melakukan langkah hukum, yang telah dilakukan dengan menunjuk pengacara dan melaporkan pada pihak kepolisian setempat.

Sementara langkah ketiga yang akan dilakukan adalah diplomasi. Kemenlu sudah memanggil kedutaan besar di Jeddah. Pemerintah juga sudah mengecam keras tindakan yang tidak manusiawi ini, dan menuntut pelakunya di hukum setimpal.

Sesuai rencana, Menteri Perlindungan Anak (PPA), Linda Amalia Sari Gumelar, Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, Menteri Tenaga Kerja, Muhaimin Iskandar, dan Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Setianingsih, akan ikut ke Arab Saudi.

Michael kembali menjelaskan bahwa perlindungan warga Indonesia yang bekerja di luar negeri, atau TKW butuh penanganan yang komprehensif. Dalam waktu cepat ini akan membangun jaringan yang lebih baik dengan pemerintah setempat, agar bisa bergerak cepat.

"Perlu pemberdayaan, pengarahan terhadap mereka. Kemudian agen tenaga kerja juga harus menempuh langkah untuk turut melakukan perlindungan," ujarnya. (umi)

Devano Danendra

Perjuangan Devano Danendra Bintangi Film Malam Pencabut Nyawa, Sampai Lakukan Hal Ini

Devano Danendra yang berperan sebagai Respati bercerita tentang pengalaman syuting yang dialaminya. Diakui Devano, dirinya kurang tidur selama proses syuting berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024