SBY Hanya Hadir Satu Hari di G20 dan APEC

Presiden Kunjungi Pengungsi Merapi
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Anis Efizudin

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak akan mengikuti penuh rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Seoul, Korea Selatan. Sedianya, acara KTT G20 akan digelar dua hari dari 11 sampai 12 November 2010.

"Saya mengambil keputusan akan hadir satu hari untuk pertemuan puncak G20," kata Presiden SBY di Istana Negara, Jakarta, Kamis 11 November 2010.

Hari ini merupakan hari pertama kegiatan KTT G20. Kegiatan hari ini yang tidak diikuti SBY adalah pembahasan pertama tentang global ekonomi.

"Saya berangkat tengah hari nanti dan akan tiba malam hari. Sehingga tidak bisa mengikuti pembahasan retreat pertama," kata SBY. Tetapi, SBY bisa mengikuti acara puncak G20 secara penuh yang akan digelar besok dari pagi sampai petang.

Menurut SBY, salah satu pertimbangan tidak mengikuti secara penuh acara  bergengsi itu karena ingin memantau secara langsung penanganan pascabencana di tiga titik, Wasior (Papua Barat), Mentawai (Sumatera Barat), dan DIY-Jawa Tengah.

"Saya mengetahui, bahwa penanganan pascabencana di Wasior dan Mentawai juga sedang dilakukan. Sistem bekerja," tegas SBY. SBY berharap Gubernur Papua Barat dan Sumatera Barat serta dibantu pemerintah pusat dapat maksimal menangani daerah bencana.

Agenda berikutnya, SBY akan terbang ke Yokohama, Jepang untuk menghadiri acara Konferensi APEC yang berlangsung 13 dan 14 November 2010. Di acara puncak APEC ini, SBY juga tidak akan menghadiri penuh konferensi. Hari kedua, SBY akan langsung kembali ke Tanah Air.

"Mereka (Jepang) paham saya masih menangani bencana Merapi. Tapi mereka berharap saya bisa hadir pada 13 November 2010. Sabtu (14 November 2010) saya akan kembali ke Tanah Air," tutup SBY. (umi)

Salmafina Sunan Ikut Rayakan Idul Fitri, Langsung Didoakan Kembali Peluk Islam
Gambar ilusi optik.

Gambar Pertama yang Dilihat, Bisa Ungkap Pekerjaan Impian Kamu

Dalam gambar yang menakjubkan ini, kamu akan melihat tengkorak, siput dan peta. Namun, setiap gambar yang kamu lihat akan memiliki arti berbeda terkait pekerjaan impian.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024