Angkutan Mudik Khusus Motor Masih Dikaji

Mudik dengan sepeda motor
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews - Kementerian Perhubungan (Menhub) masih mengkaji penyediaan angkutan mudik khusus motor. Diperkirakan pekan depan hasil kajian bisa selesai, untuk segera direalisasikan.

Seperti yang disampaikan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono bahwa, untuk melayani pemudik sepeda motor tahun 2010 ini akan dilihat dari arus lalu lintas kendaraan yang memasuki pelabuhan.

"Masih dikaji, dengan terlebih dahulu melihat arus lalulintasnya. Dengan demikian dapat ditentukan dermaga di pelabuhan yang akan dipergunakan khusus untuk sepeda motor," kata Bambang Susantono kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu 18 Agustus 2010.

Sementara pihak PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, dalam arus mudik lebaran tahun ini telah menyiapkan dermaga khusus bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Dermaga yang disiapkan untuk penyeberangan ke Pulau Sumatera, nantinya akan menggunakan dermaga 4 dan dermaga 5.

Dalam peninjauanya hingga sore tadi, rombongan Wamenhub dan jajaran direksi PT ASDP Indonesia Ferry Pusat juga melakukan peninjauan ke Dermaga 5, yang sedang dalam proses pembangunan.

Rencana dalam pengaturan arus mudik lebaran nanti, semua pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai tempat pembelian tiket pelabuhan akan di arahkan ke areal Dermaga 5.      

Mengenai tarif penyeberangan yang diusulkan para pengusaha penyeberangan, Bambang Susantono menegaskan dalam arus mudik dan balik ini tidak akan ada kenaikan tarif.

"Untuk kenaikan tarif itu belum selesai di hitung, sementara masyarakat kan maunya tarif tidak naik, tapi sekali lagi lebaran ini tidak ada kenaikan tarif penyeberangan," tegas dia.

Laporan: Saputra | Merak-Banten

PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024