Ganti Rugi Proyek Tol Ulujami Lunas Pekan Ini

jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kedunghalang, Bogor
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews – Pembayaran 11 bidang tanah warga seluas 5.009 meter persegi yang terkena proyek Jakarta Outer Ring Road West Two (JORR W2) Ulujami-Kebon Jeruk, Jakarta Barat, lunas pekan ini. Nilai ganti rugi yang sudah selesai dibayarkan mencapai Rp20,9 miliar.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Barat, Firdaus Mansyur, Jumat, 30 Juli 2010. Kesebelas bidang tanah yang selesai dibayar berlokasi di RT 02, RT 08, RT 09, di RW 04, Meruya Selatan, Kembangan.

Di Meruya Selatan, lahan yang terkena pembebasan untuk proyek tol dari Ulujami ke Kebon Jeruk sebanyak 142 bidang dengan luas 93,003 meter persegi. Dari jumlah itu, baru 11 bidang yang pembayarannya lunas. Sementara sisanya, masih menunggu rekomendasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Pembayaran atas rekomendasi BPKP, tentunya jika pemilik telah memenuhi administrasi. Diharapkan proses ganti rugi semakin lancar di waktu mendatang," kata Firdaus.

Proses ganti rugi, lanjut Firdaus, dibayarkan melalui transfer ke rekening pemilik lahan yang telah ditentukan.

Secara terpisah, Ketua Tim Pengadaan Tanah JORR W2 Binamarga Departemen Pekerjaan Umum, Ambardi Effendi, menyatakan pembayaran ganti rugi lahan yang berlangsung pekan ini merupakan yang kedua kalinya. “Tahun lalu, kami juga telah membayar ganti rugi 11 bidang tanah di Meruya Utara.”

Setelah ini, Ambardi berharap agar seluruh lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan JORR W2 dapat segera dibebaskan, tentunya kompensasi kepada pemilik tanah tetap disesuaikan dengan Nilai Jual Objek Pajak.

"Pembangunan JORR W2 ini dibutuhkan dukungan semua pihak, terutama dari pemilik lahan. Untuk itu, kami berharap pemilik kooperatif dan secepatnya memproses administrasi jual beli lahan," katanya.

Ambardi menjelaskan selain untuk melancarkan roda perekonomian Indonesia, proyek jalan tol juga bertujuan untuk meningkatkan layanan pengguna kendaraan, khususnya di ibukota. (adi)

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024