Ini Pemenang Achmad Bakrie Award 2010

Sitor Situmorang
Sumber :
  • Antara/ Dodo Karundeng

VIVAnews - Freedom Institute mengumumkan pemenang penghargaan Achmad Bakrie 2010 tahun ini ada enam orang. Lima pemenang untuk lima kategori bidang yakni kesusastraan, pemikiran sosial, kedokteran, sains, dan teknologi, serta satu kategori khusus periset.

Berikut para penerima:
- Sitor Situmorang (bidang Kesusasteraan)
- Daoed Joesoef (bidang Pemikiran Sosial)
- S. Yati Soenarto (bidang Kedokteran)
- Daniel Murdiyarso (bidang Sains)
- Sjamsoe’oed Sadjad (bidang Teknologi)
- Ratno Nuryadi (Hadiah Khusus Periset)

"Para penerima Penghargaan tahun ini berhak atas piala, sertifikat, dan uang sebesar Rp250 juta," ujar Rizal Mallarangeng, Direktur Eksekutif Freedom Institute, dalam acara penghargaan di kantor Freedom, Jakarta, Rabu 28 Juli 2010.

Rizal menuturkan, pertama kali dirintis dan diadakan oleh Freedom Institute, Penghargaan Achmad Bakrie mencakup dua bidang, Kesusasteraan dan Pemikiran Sosial. Pada 2005, satu bidang lagi ditambahkan, yaitu Kedokteran. Dua tahun berikutnya, 2007, dua bidang lagi ditambahkan, yaitu Sains dan Teknologi.

"Penghargaan ini diadakan sebagai usaha dari Freedom Institute, yang didukung penuh oleh keluarga almarhum Achmad Bakrie, untuk mengembangkan dan memajukan kebebasan, kebudayaan, dan pengetahuan di tanah air. Penghargaan ini juga diniatkan untuk merangsang inovasi dan gagasan yang ”cutting edge” di lima bidang yang telah disebut di atas," ujarnya.

Menurut Rizal, hadiah ini dinamai Penghargaan Achmad Bakrie, untuk mengenang almarhum Achmad Bakrie yang pada masa hidupnya mempunyai perhatian yang besar untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan kebudayaan di Indonesia. "Secara tak langsung, ini hendak meniru teladan baik yang dicontohkan oleh Alfred Nobel, seorang pengusaha sukses Swedia yang kemudian merintis Hadiah Nobel," kata dia. (umi)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024